Menu

Tuntaskan Baca Tulis Al-Quran, 96 Santri di Baso Dikhatam

  Dibaca : 366 kali
Tuntaskan Baca Tulis Al-Quran, 96 Santri di Baso Dikhatam

AMCnews.co.id — Sebanyak 96 santri dari tiga MDTA se-Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, ikuti Khatam Al-Quran, di MDTA masing-masing, Minggu, (30/12).

Seperti biasanya, sebelum khatam dimulai para santri diarak sekeliling kampung yang dilepas Bupati Agam, DR. Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, di setiap MDTA pelaksana khatam.

MDTA yang melaksanakan khatam yaitu MDTA Nurul Iman Durian Jorong Sungai Angek, Nagari Simarasok 55 santri yang ke IX dan delapan orang wisuda juz 30. MDTA Darul Amal Sungai Janiah, Nagari Tabek Panjang 27 santri ke VIII serta MDTA Ladang Hutan, Nagari Koto Tinggi 14 santri.

“Khatam Al-Quran bukti bahwa anak kemenakan kita telah menyelesaikan pendidikan baca tulis Al-Quran dan diarak agar masyarakat mengetahuinya,” ujar Indra Catri.

Santri diarak sekeliling kampung didampingi keluarga, dimeriahkan pakaian adat, drum band dan tambua tansa.

Bupati Agam itu merasa bangga dan bersyukur, tiap tahun anak semakin banyak dikhatam, ini menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam di daerah itu terus meningkat.

Indra Catri mengucapkan terimakasih pada guru MDTA dan orang tua santri yang telah mendidik anak baca tulis Al-Quran, diharapkan kedepan mereka bertanggungjawab untuk membela agama di masa mendatang.

Disebutkan, khatam Al-Quran kegiatan yang strategis untuk mendukung gerakan nagari madani, karena salah satu indikatornya menjelaskan bagaimana mengakrabkan masyarakat dengan Al-Quran dalam rangka mengatasi buta baca tulis Al-Quran.

“Kalau sudah bisa baca tulis Al-Quran, pahami dan amalkan isi kandungannya dan kedepan tingkatkan agar bisa hafiz Al-Quran,” ujarnya berharap.

Menurut Indra Catri, orang hafiz otaknya cerdas, iman teguh, badannya sehat. Teruslah amalkan Al-Quran, semoga berkah dan dijauhi dari perbuatan buruk serta bencana.

“Jangan hanya sampai disini, tetapi ilmu akan lebih baik apabila dimanfaatkan, kembangkan terus supaya manfaatnya dapat dirasakan masyarakat secara luas,” sebutnya. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional