Menu

Resmikan Pasar Koto Tinggi Wabup Agam Sebut Pasar Media Pertumbuhan Ekonomi

  Dibaca : 294 kali
Resmikan Pasar Koto Tinggi Wabup Agam Sebut Pasar Media Pertumbuhan Ekonomi

AMCNews.co.id. Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, resmikan operasional Pasar Tradisional Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso, Senin, (17/12).

Peresmian pasar dihadiri puluhan ninik mamak, Wakil Ketua DPRD Agam, Suharman, Kepala Disperindagkop UKM Agam, Aryati, Camat Baso Surya Wendri, Wali Nagari Koto Tinggi Geginda Pakiah Pamuncak, warga Koto Tinggi dan undangan lain.

Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria menyebutkan, pembangunan pasar ini dilakukan dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pasar tahun 2018 senilai Rp.462 juta lebih, pekerjaannya selesai lebih awal dari target jumlah hari kerja yang ditetapkan dalam kontrak kerja.

Menurutnya, sesuai kebijakan Pemkab Agam dengan visi berkeadilan, apabila perputaran uang sudah merata, dengan sendirinya pertumbuhan ekonomi di Agam akan terangkat.

“Ini pola yang kita bangun, bukan hanya mengejar pertumbuhan saja, tetapi salah satu bentuknya adalah media pertumbuhan ekonomi yaitu membangun pasar,” ujarnya.

Disebutkan, setiap tahun Pemkab Agam lakukan revitalisasi pasar nagari baik yang didanai langsung oleh APBD, DAK dan sebagainya. Secara bertahap 2018 lima pasar direvitalisasi masing-masing pasar Koto Tinggi, Rabaa Kecamatan Tanjung Raya, Palembayan, Palupuah dan Malalak.

“Revitalisasi dilakukan setiap tahun, untuk 2019 kita akan sesuaikan dengan anggaran yang ada,” sebutnya.

Di Nagari Koto Tinggi miliki potensi tersendiri dengan agrowisatanya. Tidak hanya di Agam, tetapi agrowisata itu sudah masuk pada level nasional, kalau bicara jeruk madu tidak lagi di Berastagi ataupun gunung omeh, tetapi di Nagari Koto Tinggi.

Dengan keberadaan pasar ini, wabup sebutkan warga tidak perlu jauh menjual jeruknya, jika perlu pedagang pasar Bukittinggi belanja ke Nagari Koto Tinggi. Upayakan tidak hanya jadi pasar mingguan, tetapi harian meskipun skopnya kecil.

Trinda Farhan sebutkan, pasar juga dapat menggerakkan Bumnag, karena pasar sebagai tempat berkumpul, aktivitas ekonomi dan Bumnag bisa pelan-pelan mengembangkan sisi lainnya.

Wali Nagari Koto Tinggi, Geginda Pakiah Pamuncak ucapkan terima kasih pada Pemkab Agam yang telah merevitalisasi pasar nagari itu, semoga dengan kondisi pasar saat ini pertumbuhan ekonomi masyarakat meningkat.

Meski demikian, Geginda juga menaruh harapan pada Pemkab Agam untuk tambahan pembangunan sarana dan prasarana lainnya seperti MCK yang sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan yang bersih.- (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional