Menu

Pemerintah Nagari Garagahan Bekali Masyarakatnya Dengan Membuat Pupuk Organik

  Dibaca : 148 kali
Pemerintah Nagari Garagahan Bekali Masyarakatnya Dengan Membuat Pupuk Organik

AMCNews.co.id — Pemerintah nagari Garagahan, berikan pelatihan pada masyarakatnya cara membuat pupuk organik (kompos) , di halaman kantor Walinagari Garagahan, Senin, (3/12).

Hal ini merupakan upaya pemerintah nagari Garagahan dalam membekali masyarakatnya di sektor pertanian.

Usai kegiatan Pj Walinagari Garagahan, Marliyus pada AMCNews.co.id mengatakan, kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Pertanian (Distan) Agam, yang sebagai narasumbernya Kasi Pupuk Pestisida dan Alsinta, Distan Agam Yefnidawati, untuk pembekalan terhadap masyarakat nagari Garagahan yang notabanenya merupakan petani.

“Ini merupakan salah satu program nagari dalam pengembangan di sektor pertanian, ” ujarnya.

Dikatakan, tingginya biaya untuk pembelian pupuk non organik juga menjadi salah satu faktor pemerintah nagari membekali masyarakat untuk pembuatan pupuk organik ini.

“Selain itu, pupuk organik dari segi kesehatan lebih sehat, karena bahan pupuk organik sepenuhnya alami dan hasil panen pun bisa lebih banyak, ” ujarnya

Dilain itu, Yefnidawati mengatakan, untuk pembuatan pupuk organik ini, bahan dasarnya terbuat dari sampah organik yang ada disekitar, sehingga mudah didapat dan dapat menjaga kebersihan lingkungan.

“Untuk membuat pupuk organik ini, hanya memanfaatkan sampah dedaunan kering, sampah sayuran, yang di fermentasi menggunakan EM 4, air dan gula, untuk EM 4 bisa dibeli di toko pertanian, ” ulasnya.

Dikatakan, tingginya penggunaan pupuk non organik dapat menimbulkan unsur tanah menjadi tidak stabil, dan selain itu, penggunaannya pun harus dengan jumlah besar dan itupun harus dalam waktu berkala. (AMC07)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional