Porprov XV Sumbar Resmi Dimulai, Gubernur Dorong Daerah Berdayakan Atlet Lokal

  • Bagikan

AMCnews.co.id. Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno buka secara resmi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke-XV 2018, di Kabupaten Padang Pariaman.

Mulainya iven bergengsi tingkat Sumbar ini, ditandai dengan pemukulan tambua yang dilakukan oleh Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Ketua Umum KONI pusat dan seluruh kepala daerah tak terkecuali Bupati Agam, Indra Catri Dt Malako Nan Putiah.

Sebelum pembukaan, juga dilakukan difile kontingen, termasuk kontingen Agam yang juga ikut ambil bagian dalam hal itu.

Kontingen yang mengikuti Porprov XV ini sebanyak 8.165 orang, terdiri dari 7.275 atlet dan 990 pelatih dan official.

Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, berharap Porprov ke-XV ini dapat berikan manfaatkan pada daerah, terutama dalam mencari bibit atlet yang dapat wakili daerah ke iven lain.

Di samping itu, kegiatan itu juga sebagai ajang silaturahim baik sesama atlet maupun atlet dengan daerah lain.

“Mudah-mudahan bisa jadi ajang pembinaan dan evaluasi bagi pelatih cabang, yang selama ini telah melatih dan membina atletnya, dengan kegiatan ini bisa dilihat sejauh mana perkembangannya, ” ujar gubernur.

Disebutkan, kegiatan ini menjadi perhatian bagi pemerintah dan KONI, hasil dari iven ini nanti dibina dan dilatih untuk mengikuti Porwil tingkat Sumatera tahun depan di Bengkulu.

“Dua tahun lagi juga ada iven yang lebih besar yaitu, Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, tentu atlet Porprov ini langsung dipersiapkan untuk ikutinya,” katanya pula.

Kepada atlet gubernur berharap, jaga sportifitas selama bertanding, kalah menang biasa, tetapi yang terpenting sportifitas tetap jadi utama.

Gubernur mengharapkan Porprov ke-XV jadi barometer dalam persuapkan atlet ke iven yang lebih tinggi, sehingga seluruh daerah dihimbau agar lakukan pembinaan pada atlet daerahnya sendiri, bukan memanfaatkan usaha daerah lain. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *