Menu

Pakan Sinayan Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bundo Kanduang

  Dibaca : 289 kali
Pakan Sinayan Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bundo Kanduang

AMCnews.co.id — Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, gelar pelatihan peningkatan kapasitas bundo kanduang dan organisasi perempuan, di Balaerong nagari itu, Sabtu (10/11).

Kegiatan ini diikuti 40 orang, berasal dari Bundo Kanduang Nagari dan joong, TP-PKK serta puti bunsu, tema yang diangkat yaitu “sumbang 12 kaitannya dengan peran bundo kanduang dalam kehidupan banagari”.

Pelatihan dibuka Wali Nagari Pakan Sinayan, Hendri Supatman Dt Kayo Nan Kuniang, dengan mendatangkan narasumber dari IAIN Bukittinggi yaitu, Silfia Hanani, P.hd.

Hendri Supatman menyebutkan, bahwa peran bundo kanduang sangat dibutuhkan untuk mendidik perempuan minang di Kabupaten Agam, khususnya di Nagari Pakan Sinayan.

Dengan demikian, melalui pelatihan ini diharapkan bundo kanduang dapat tampil dengan perannya di tengah kehidupan banagari, namun tetap berpijak pada nilai budaya minang yang termodifikasi dalam bentuk sumbang duo baleh.

“Peningkatan kapasitas bundo kanduang juga sudah tertuang dalam gerakan Nagari Madani,” ujarnya.

Walinagari itu berharap, peran bundo kanduang semakin dirasakan masyarakat, sehingga budaya Minangkabau di Kabupaten Agam, khususnya di Pakan Sinayan tetap lestari. (AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional