Pemkab Agam Ikuti Verifikasi Data APE 2018

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dalduk KB PP dan PA) Kabupaten Agam, ikuti verifikasi data Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018.

Verifikasi yang digelar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  di ruang rapat kantor Gubernur Sumatera Barat, Kamis dan Jum’at (1-2 November 2018).

Dari hasil pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan yang dilakukan secara online, maka telah ditetapkan 10 kabupaten/kota di Sumatera Barat, yang berpeluang mendapatkan APE dan ditindaklanjuti dengan proses verifikasi dan validasi data.

Berdasarkan surat Sekretariat Daerah Sumatera Barat, Nomor 463/931/X/KHP/DPP-PA-2018, bahwa kegiatan ini dilakukan berkaitan dengan telah diterbitkannya peraturan Menteri PP dan PA Nomor 7 tahun 2018, tentang perubahan peraturan Menteri PP dan PA Nomor 9 tahun 2015, tentang indikator pemantauan dan evaluasi pelaksanaan pembangunan PP dan PA.

Seperti dikatakan Kepala Dalduk KB PP dan PA Kabupaten Agam Retmiwati,  kegiatan itu bermula dari input data yang dimasukkan ke dalam aplikasi yang dibuka Kementerian PP dan PA, mulai 25 September sampai 1 Oktober 2018.

“Berdasarkan hasil itu, Agam masuk nominasi penilaian lebih lanjut seperti verifikasi data, yang nantinya dilakukan oleh tim penilai dari Kementerian PP- PA dan independen,” ujarnya.

Disebutkan, penilaian ini intinya mengevaluasi  komitmen pemerintah daerah dalam pembangunan bidang PP dan PA seperti, apa saja yang difasilitasi untuk Pengarusutamaan Gendre (PUG) dan perhatian pemerintah daerah terhadap kebutuhan bersifat PUG.

“Kebutuhan bersifat PUG tidak hanya kebutuhan perempuan dan laki-laki, tetapi juga memperhatikan anak-anak, remaja, lansia dan disabilitas termasuk pembangunan bidang PP dan PA,” sebutnya.

Bupati Agam, Indra Catri Dt Malako Nan Putiah memaparkan data yang sudah diinput dihadapan tim verifikasi yang didampingi hampir selurih OPD dan mitra yang sudah ikut memfasilitasi pembangunan PP dan PA.

Dijelaskan, Desember 2016 Agam berhasil meraih penghargaan APE Pratama, di mana APE ada tiga tingkatan yaitu pratama, madya dan utama, diharapkan 2018 bisa mendapatkan APE Madya atau APE Utama. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *