DPMPTSP dan Naker Agam Gelar Pelatihan Bagi ibu Rumah Tangga

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Ketenagakerjaan (DPMPTSP dan Naker) Kabupaten Agam, gelar pelatihan bagi ibu rumah tangga yang miliki bakat kewirausahaan.

Kabid Penempatan dan Pengembangan Kesempatan Kerja DPMPTSP dan Naker Agam, Yurnawati di ruangan kerjanya, Rabu (10/10) menyebutkan, pelatihan ini seperti menjahit dan processing yang dilakukan delapan paket, di Kecamatan Tanjung Raya seperti Nagari Bayua dua paket, Duo Koto satu paket, Tanjuang Sani satu paket, Koto Kaciak satu paket dan Paninjauan satu paket.

Kemudian di Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjung Mutiara, satu paket dan Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang satu paket.

“Pelatihan ini digelar secara bertahap sesuai kebutuhan warga melalui kegiatan Tenaga Kerja Mandiri (TKM), yang sudah berlangsung sejak 30 Agustus dan akan berakhir 14 Oktober 2018, satu paket selama tiga hari,” ujarnya.

Disebutkan, peserta pelatihan ini sasarannya kaum perempuan yang berusia 18-45 tahun baik yang putus sekolah, menganggur atau ibu rumah tangga yang miliki jiwa wirausaha, di mana masing-masing paket pesertanya berjumlah 20 orang.

Setelah pelatihan, setiap peserta diberikan bantuan sesuai pelatihan yang diikuti, ini sebagai upaya pemerintah untuk mengembangkan usahanya yang didampingi dan dibina tenaga pendamping sebanyak empat orang sampai Desember 2018.

“Tenaga pendamping ini nanti akan mengevaluasi sejauh mana perkembangan usaha peserta melalui bantuan yang diberikan, hasil evaluasi dilaporkan ke DPMPTSP dan Naker Agam setiap bulan,” ujarnya.

Pelatihan ini dilaksanakan melalui bantuan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) 2018 dari Kementerian Ketenagakerjaan sebesar Rp.752 juta, masing-masing paket menghabiskan anggaran Rp.94 juta.

Yurnawati menjelaskan, kegiatan ini sifatnya mengembangkan kemampuan peserta yang sudah pernah membuka usaha dibidang pelatihan yang diikuti, dalam hal ini pihaknya mendatangkan pelatih dari DPMPTSP dan Naker Agam, lembaga pelatihan kerja dan BNI. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *