Menu

Besok Bupati Agam Dinilai Tim Satyalancana Kebaktian Sosial Nasional

  Dibaca : 344 kali
Besok Bupati Agam Dinilai Tim Satyalancana Kebaktian Sosial Nasional

AMCnews.co.id — Bupati Agam, Indra Catri Dt Malako Nan Putiah, bakal dinilai oleh tim penganugerahan gelar Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS) nasional 2018, dikediamannya di Lubuk Basung, Jum’at (28/9).

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Agam, Kurniawan Syah Putra kepada AMCnews.co.id, di ruangan kerjanya, Kamis (27/9) menyebutkan, bahwa tim yang akan menilai dari kementerian sosial, sekretaris negara dan lainnya.

“Tim akan melakukan peninjauan lapangan dan uji petik, setelah diawali dengan pengusulan Bupati Agam untuk dianugerahi satyalancana kebaktian sosial kepada pemerintah pusat melalui pemprov,” ujarnya.

Dihadapan tim penilai, nanti Bupati Agam akan menyampaikan ekspos penanganan penanggulangan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di daerah yang dipimpinnya.

Pengusulan Bupati Agam untuk dapat gelar itu, mulai dari bagaimana Pemkab Agam mengalokasikan dana untuk penanganan PMKS, di mana tiap tahun anggaran di Dinas Sosial meningkat untuk penanganan PMKS secara totalitas yang didukung CSR dan zakat yang dihimpun BAZNAS Agam.

Dijelaskan, melalui anggaran itu dibentuk program yang dialokasikan khusus untuk pelatihan menjahit bagi disabilitas, termasuk penanganan penyalahgunaan narkoba berupa rehabilitasi terhadap wanita.

Menurutnya, Kabupaten Agam satu-satunya daerah miliki instalasi rehabilitasi pengguna narkoba bagi kaum perempuan, dalam hal ini pihaknya bekerjasama dengan Institusi Penerima Wajib Lapor (IPWL).

Sementara itu, untuk penanganan masyarakat miskin ada Program Keluarga Harapan (PKH) yang berjumlah 17.017 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), untuk penerima bansos rastra sebanyak 23.612 KK.

“Dengan demikian, Bupati Agam menggiatkan program Agam menyemai untuk menekan pengeluaran rumah tangga, setiap masyarakat kurang mampu diberikan bibit berbagai jenis supaya bantuan pemerintah tetap dapat dipergunakan sesuai dengan peruntukannya,” sebutnya.

Disamping itu, bupati juga gelorakan Agam Peduli, baik peduli menyemai, peduli PMKS, peduli penanggulangan kemiskinan dan lainnya, sehingga ini menjadi alasan Pemkab Agam mengusulkan Bupati Agam agar dapat meraih satyalancana kebaktian sosial tersebut.
(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional