Menu

BKS Lubuk Basung Serahkan Ijazah 330 Santri.

  Dibaca : 343 kali
BKS Lubuk Basung Serahkan Ijazah 330 Santri.

AMCnews.co.id. Badan Kerjasama (BKS) TPQ/TPSQ/MDTA Kecamatan Lubuk Basung menyerahkan ijazah kepada 330 santri yang telah mengikuti ujian akhirnya beberapa bulan lalu, di Hotel Sakura Syariah, Lubuk Basung, Minggu, (16/9).

Ujian ini digelar penyuluh agama Lubuk Basung bekerjasama dengan KUA Lubuk Basung dan para guru TPQ/TPSQ/MDTA se-Kecamatan Lubuk Basung, pada 6 Mei 2018 kemaren.

Santri yang ikut ujian merupakan siswa kelas 6 SD berasal dari seluruh TPQ/TPSQ/MDTA di Lubuk Basung.

Penyerahan ijazah ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Agam, diwakili Asisten I Setda Agam, Rahman kepada santri yang meraih juara I sampai III, dibarengi dengan tabligh akbar dalam rangka peringati tahun baru Islam 1440 Hijriah.

Perolehan nilai yang dilaporkan panitia, juara I diraih Ramadhani, R.F dari TPQ Nurul Salam Balai Ahad, juara II Salsabila Ramadhani dari TPQ Darul Aman Koto Manampuang dan juara III diraih Malikul Mulki Ananda dari TPQ Darul Aman Koto Manampuang.

Disamping itu, penghargaan juga diberikan kepada Masjid Agung Nurul Fallah Lubuk Basung, sebagai TPQ/TPSQ/MDTA yang banyak mengutus santri untuk ikut ujian.

Ketua Panitia BKS Lubuk Basung, Dodi Mulya Putra menyebutkan, santri mengikuti ujian pada 6 Mei 2018 di SDN Simpang Tigo Lubuk Basung, dimana santrinya berasal dari TPQ dan MDTA Lubuk Basung, yang merupakan kelas 6 SD.

“Kita berharap kedepan kegiatan ini jadi ujian yang wajib diikuti santri TPQ dan MDTA Lubuk Basung, seperti ujian yang diikuti disekolah,” ujarnya.

Pihaknya sepakati hal itu dengan SMP dan MTs yang ada di Lubuk Basung, agar menerima siswa bagi yang memiliki ijazah yang dikeluarkan BKS Lubuk Basung.

Bupati Agam, diwakili Asisten I Setda Agam, Rahman mengapresiasi BKS Lubuk Basung yang sudah mengangkat kegiatan ini, bahkan acara itu dinilainya sebagai implementasi gerakan Nagari Madani yang sudah dicanangkan pada 2016 lalu.

Dengan kondisi saat ini, di Kabupaten Agam dimana pun kecamatan dan nagarinya, menggelar kegiatan berbeda-beda khususnya dibidang keagamaan.

“Di Lubuk Basung, kegiatan yang digelar yaitu mengadakan ujian bagi santri TPQ dan MDTA yang sudah duduk di kelas 6 SD dan momen penyerahan ijazahnya diiringi dengan tabligh akbar,” ujarnya.

Dengan demikian, Rahman mengharapkan orang tua santri agar terus mendorong anaknya terus membaca Al-Qur’an di rumah, karena ilmu yang didapat lebih bagus jika terus diulang-ulang.

“Bahkan, dalam salah satu indikator gerakan Nagari Madani, masyarakat dan anak-anak dianjurkan untuk selalu membaca Al-Quran, agar dapat mengatasi buta baca tulis Al-Qur’an, disamping dapat menambah pahala,” ujarnya.

Semoga kedepan lebih banyak lahir masyarakat yang Qur’ani, sehingga mampu jadikan Agam jadi daerah yang berpendidikan agama yang lebih baik.

Dikesempatan itu, BKS juga berikan reward pada penggiat dan peduli kegiatan keagamaan seperti, Bank Nagari, wartawan, KUA, pengurus BKS teraktif, Baznas, Hotel Sakura dan AMCnews.co.id. (AMC05).

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional