Pesawat Tanpa Awak Kelilingi Danau Maninjau

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Pemerintah Kabupaten Agam bekerjasama dengan LAPAN melakukan pengambilan foto udara melalui pesawat tanpa awak, guna melihat kondisi kawasan salingka Danau Maninjau.

Pengambilan gambar tersebut dilakukan oleh tim LAPAN yang dipimpin Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Bayu Utama, di Jorong Lambah Nagari Koto Gadang Kecamatan Tanjung Raya, Selasa (21/8).

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Agam, Syahrial, mengatakan pengambilan foto tersebut bertujuan untuk melihat secara jelas dan detail perkembangan kondisi danau maninjau secara keseluruhan.

“Menggunakan pesawat ini kita bisa lihat secara aktual dan terperinci jumlah keramba dan dimana saja menebarnya serta melihat kondisi air dan lingkungan salingka danau,” jelasnya.

Menurutnya, data yang dihasilkan nanti bisa sebagai bahan dan data yang lebih akurat bagi pemerintah daerah bersama pemerintah provinsi dalam menentukan zonasi danau.

Kepala Bidang Diseminasi Pusat Teknologi Penerbangan LAPAN, Bayu Utama, mengatakan, pengambilan foto melalui pesawat model LSU 02 Fix Wing ini bisa menghasilkan resolusi gambar yang lebih tinggi, sehingga terlihat lebih jelas dan detail.

“Pesawat nantinya mengelilingi danau selama lebih kurang 2 jam dengan ketinggian 500 meter dari permukaan danau,” jelasnya.

Ia menyebutkan, selama terbang, pesawat tersebut akan mengambil gambar secara otomatis dengan durasi yang telah ditentukan.

“Kita berharap, foto yang dihasilkan nanti bisa dimanfaatkan secara optimal oleh pemerintah daerah,” harapnya.
(AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.