Wabup Agam Buka MTQN ke-5 Manggopoh

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-5 tingkat Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, di Masjid Al-Ihklas Padang Sano, Jorong Sago Manggopoh, Jum’at (3/8).

Pantauan AMCnews.co.id di lapangan, saat itu tampak hadir Wakil Ketua PKK Agam, Ny. Candra Trinda Farhan Satria, Anggota DPRD Agam, Kemenag Agam, Kabag Humas Setda Kab Agam, Hilton, Camat Lubuk Basung, Murni Idrus, Wali Nagari Manggopoh, Ridwan, ninik mamak serta bundo kanduang dan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Trinda Farhan Satria mengapresiasi pelaksanaan MTQN ke-5 tingkat Nagari Manggopoh tersebut, bahkan wabup merasa pelaksanaannya seperti MTQ tingkat kabupaten.

“Hal itu karena, selain panggung utamanya yang bagus, pelaksanaannya juga diawali dengan pawai ta’aruf, dimeriahkan dengan tambua tansa yang dimainkan siswa SD dan pemuda,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan MTQ secara langsung mendukung salah satu program strategis Pemkab Agam yaitu Gerakan Nagari Madani. Bahkan Manggopoh termasuk cepat merespon program itu.

“Kenapa tidak, Pemkab Agam baru merancang program dan mencari masukan-masukan ke setiap nagari, tetapi Manggopoh sudah mulai menjalankan program tersebut, bahkan saat itu perbupnya juga belum keluar,” jelasnya.

Dengan demikian, Trinda Farhan berharap agar masyarakat terus menggelar kegiatan keagamaan, disamping kegiatan-kegiatan lainnya, supaya capaian gerakan Nagari Madani di Manggopoh lebih meningkat.

Sementara itu, Wali Nagari Manggopoh, Ridwan menyebutkan bahwa MTQN ke-5 itu diikuti 184 kafilah dengan mengikuti enam cabang dan delapan kategori yang dilombakan, pelaksanaannya mulai Jum’at (3/8) sampai Minggu (5/8).

“Dari 184 kafilah, 164 qori dan qoriah dan 20 official, berasal dari anak nagari yang tersebar di Manggopoh,” jelasnya.

Disebutkan, enam cabang yang dilombakan yakni, Tilawah, Khutbah Jum’at, Adzan, Tartil Qur’an, Hifzil Qur’an dan Khatil Qur’an dengan perlombaan ditempatkan pada empat lokasi.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *