Menu

Kamang Magek Kembali Hadirkan Wisata Baru

  Dibaca : 579 kali
Kamang Magek Kembali Hadirkan Wisata Baru

AMCnews.co.id — Wisata di Kabupaten Agam sudah banyak dikenal wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Namun, wisata kali ini belum banyak di ketahui masyarakat secara luas.

Wisata alam yang berada di Jorong Binu, Nagari Kamang Hilia, Kecamatan Kamang Magek itu adalah goa, yang ditemukan masyarakat sekitar setahun lalu.

Camat Kamang Magek, Harmezi menjawab AMCnews.co.id, via ponsel, Rabu (1/8) menyebutkan, dikala itu mulut goa agak sempit dimasuki karena terhalang batu besar, sehingga masyarakat enggan mengunjunginya yang berjarak 200 meter dari permukiman terdekat, dan 15 kilometer dari Kota Wisata atau Bukittinggi.

“Namun, goa kembali dilirik karena memiliki keindahan terpendam, yang bisa menjadi nilai jual suatu objek wisata,” ujarnya.

Bahkan beberapa bulan lalu, batu yang menghalang mulut goa dipindahkan agar dapat dimasuki orang, sehingga terlihat lorong yang bisa ditelusuri.

Disebutkan, untuk masuk goa cukup sulit karena mulut goa hanya berukuran setengah meter, sehingga untuk turun harus menundukkan kepala.

“Setelah menyusuri perut goa, kita tidak menyangka jika didalamnya lumayan luas, pemandangan sangat cantik karena terdapat puluhan Stalagmit dan Stalagtit, jika disorot senter dindingnya kerkilap diterpa cahaya,” ujarnya.

Namun, baru-baru ini pihaknya bersama jorong dan masyarakat sudah melakukan pembenahan agar kawasan itu menjadi destinasi wisata di kawasan itu, karena dinilai layak dibuka untuk umum.

Pembenahan dilakukan antara lain, membuat flying fox, kolam pemandian, membangun akses jalan yang saat ini masih dalam penyempurnaan. Ini dilakukan melalui swadaya warga setempat.

“Goa akan kita buka untuk umum, tetapi sebelumnya akan disiapkan peranti pendukungnya dulu,” katanya.

(AMC05)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional