Tujuh Nagari Sudah Dimekarkan, Dua Dalam Proses

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Nagari (DPMN) Kabupaten Agam, melalui Kabid Bina Pemerintahan Nagari, Bustanul Arifin, Selasa, (31/7) mengatakan, di kabupaten Agam saat ini sudah tujuh nagari dimekarkan menjadi sepuluh nagari yang saat ini baru berstatus nagari persiapan.

Nagari yang sudah dimekarkan masing-masing Nagari Tabek Panjang, Koto Tinggi, Kamang Mudiak, Nan Tujuah, Tanjuang Sani, Salareh Aia dan Tiku Utara.

Dijelaskan, Nagari Koto Tinggi dimekarkan menjadi Nagari Koto Gadang, Nagari Tabek Panjang menjadi Nagari Sungai Cubadak, Nagari Kamang Mudiak menjadi Nagari Pauah Kamang Mudiak dan Kamang Tangah Enam Suku.

Selanjutnya, Nagari Nan Tujuah menjadi Nagari Nan Limo, Nagari Tanjuang Sani menjadi Nagari Dalko, Nagari Salareh Aia menjadi Nagari Salareh Aia Timur, Salareh Aia Utara dan Salareh Aia Barat, Nagari Tiku Utara menjadi Nagari Durian Kapeh Darussalam.

“10 Nagari persiapan itu pejabatnya sudah dilantik, saat ini pihak nagari sedang mempersiapkan bahan untuk dijadikan nagari defenitif paling lama tiga tahun,” ujarnya.

Bahan itu diantaranya pemetaan nagari secara kartometrik, sarana dan prasarana, perangkat nagari, kependudukan dan fasilitas dasar bagi penduduk nagari.

Menurutnya, apabila tidak mampu melengkapi bahan yang dibutuhkan, nagari persiapan bergabung kembali dengan nagari induk.

Namun, pihaknya berupaya dalam satu tahun sejak dilantik pejabat nagari persiapan bahan sudah selesai sesuai harapan Bupati Agam.

Di samping itu, juga ada dua nagari yang akan dimekarkan yakni, Nagari Tigo Koto Silungkang dimekarkan menjadi satu nagari dan Nagari Lubuk Basung jadi lima nagari.

“Nagari itu nomor registrasinya sudah dikeluarkan Pemprov. Sumatera Barat, di mana untuk pejabat nagari persiapannya masih dalam proses pengajuan,” jelasnya.

Sementara itu, nagari yang baru mengusulkan pengajuan pemekaran ada dua nagari yakni, Nagari Koto Tangah dan Nagari Gadut.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *