Group Macan Taland Pakan Sinayan Sambut Tim Penilai Nagari Berprestasi

  • Bagikan

AMCnews.co.id. Group Kesenian Macan Taland Nagari Pakan Sinayan, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, meriahkan penyambutan tim penilai nagari berprestasi tingkat Sumatera Barat dan rombongan Bupati Agam, di Nagari Pakan Sinayan, Selasa (24/7).

Penyambutan tim disemarakkan dengan tambua tansa, seruling dan talempong diiringi tari galombang dan diiringi anak daro untuk menyuguhkan siriah carano sebagai ucapan selamat datang.

Wali Nagari Pakan Sinayan, HS Dt Kayo Nan Kuniang menyebutkan, penyambutan sengaja dimeriahkan dengan kesenian Minangkabau sebagai implementasi pembinaan group kesenian yang dilakukan selama ini.

“Tidak hanya itu, penampilan kesenian itu juga sebagai upaya kita untuk memasyarakatkan kesenian yang ada di Pakan Sinayan,” ujarnya.

Menurutnya, kesenian Minangkabau harus tetap lestari di Kabupaten Agam, khususnya di Nagari Pakan Sinayan, karena ini merupakan asset yang harus dikembangkan kepada generasi muda.

“Kita berkomitmen, kesenian Minangkabau di Nagari Pakan Sinayan terus dikembangkan di samping melestarikan nilai adat dan istiadat di Pakan Sinayan,” ujarnya.

Meski demikian, tentu segala kesuksesan butuh dukungan dari semua lembaga, baik pemerintah, ninik mamak, bundo kandung maupun masyarakat.

Sebagai pembinaan yang  dilakukan selama ini, group kesenian macan taland sudah tampil dengan baik dihadapan tim penilai nagari berprestasi dan rombongan Bupati Agam yang menghadiri acara penilaian nagari tersebut. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.