Cegah Penyakit Rubella Pemkab Agam Akan Lakukan Imunisasi

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Untuk mencegah penyakit Rubella (campak Jerman), Pemkab.Agam melalui dinas kesehatan (Dinkes), akan melakukan imunisasi rubella kepada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun yang ada di kabupaten Agam.

Imunisasi itu akan dilaksanakan pada awal Agustus hingga akhir September 2018.

Hal ini dijelaskan Kasi Penanggulangan dan Pencegahan Penyakit, Wanefri di ruang kerjanya pada AMCNews, Kamis (12/7)

Wanefri mengatakan, imunisasi yang akan diberikan berupa vaksin penggabungan antara vampak dan rubella yang lebih dikenal dengan MR. Kegiatan yang dilakukan serentak di kabupaten Agam ini, mulai dari awal Agustus hingga akhir bulan dimulai mulai dari sekolah-sekolah dari Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) hingga Sekolah Lanjut Tingkat Pertama (SLTP), dan awal September hingga akhir bulan akan dilaksanakan di puskesmas, posyandu dan fasilitas kesehatan lainnya untuk yang diluar sekolah.

“Sasaran imunisasi ini diberikan pada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Imunisasi yang dilakukan di puskesmas dan posyandu agar anak- anak yang melewatkan imunisasi di sekolah dapat melakukanya di tempat fasilitas kesehatan lainnya,” ujarnya lagi

Sebelum kegiatan ini dilakukan dinas kesehatan berikan sosialisasi kepada orang tua anak seputar penyakit campak dan rubella tersebut melalui posyandu, puskesmas, dan pemberitahuan melalui spanduk dan baliho yang terpasang disepanjang jalan dan tempat fasilitas kesehatan lainnya.

Dan dinas kesehatan targetkan secara menyeluruh, 95% anak-anak yang ada di kabupaten Agam mendapatkan imunisasi vaksin MR tersebut.

Tidak hanya di kabupaten Agam, kegiatan ini dilakukan serentak di Indonesia kecuali pulau jawa, karna pulau jawa sudah terlebih dahulu melakukan kegiatan imunisasi ini

“Di pulau jawa, sudah dari tahun 2017 melakukan kegiatan ini,” ulasnya

(AMC07)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *