Olahraga Buru Babi Minat Khusus Media Promosi Wisata

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Buru babi tidak asing lagi didengar yang sudah menjadi minat khusus bagi masyarakat luas. Namun, kegiatan itu dinilai mampu menjadi media promosi wisata yang dikenal wisatawan baik nusantara maupun mancanegara.

“Terlaksananya minat khusus ini, diharapkan terciptanya kemajuan pariwisata dan budaya serta menumbuhkan ekonomi kreatif di Agam,” ujar Bupati Agam dalam sambutannya yang dibacakan Sekab. Agam Martias Wanto Dt Maruhun, saat menghadiri acara Buru Babi Nusantara Alek Gadang Anak Nagari Agam – Bukittinggi, di Nagari Koto Gadang, Kecamatan IV Koto, Minggu (8/7).

Disebutkan, pariwisata merupakan potensi daerah yang perlu dikembangkan dan dijaga kelestariannya bersama pemerintah, masyarakat dan pihak lain.

Agam memiliki segudang pesona pariwisata yang memanjakan mata wisatawan, antara lain wisata alam, wisata religi, wisata kuliner, wisata minat khusus dan lainnya.

” Kita mengajak masyarakat menjadikan kegiatan buru babi sebagai refreshing atau berwisata, karena Nagari Koto Gadang ini salah satu nagari wisata,” ujarnya.

Di Koto Gadang ada kerajinan perak, sulaman lebih populer baju Koto Gadang, wisata puncak Singgalang, janjang Koto Gadang atau Great Wall of Koto Gadang dengan kuliner gulai itiak yang sudah memperoleh rekor MURI.
Sehingga, masyarakat Agam khususnya para pecandu buru babi diharapkan dapat menjaga kelestarian alam, adat dan budaya dalam rangka meningkatkan arus kunjungan wisata ke daerah itu.

Sementara itu, Leonardi Harmaini tokoh masyarakat menyambut baik kegiatan tersebut. Selain mampu promosikan daerah juga bisa membantu petani membasmi hama babi.

“Luasnya lahan pertanian masyarakat di Kecamatan IV Koto, membasmi hama babi tidak cukup dengan anjing lokal. Namun, dengan kegiatan ini diharapkan hama yang menyerang pertanian masyarakat bisa berkurang,” ujarnya.

Disebutkan, kegiatan buru babi ini diikuti ribuan pecandu buru babi berasal dari beberapa daerah yang ada di Sumbar, Aceh, Riau, Jambi, Jawa dan banyak lagi daerah lainnya.

“Semoga acara ini berjalan aman dan tidak ada terjadi musibah atau insiden lainnya yang membahayakan keselamatan kita semua,” ujarnya pula.

(AMC05).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *