VCO Produk Nagari Manggopoh Tembus Pasar Luar Daerah

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Pemerintah nagari Manggopoh, kecamatan Lubuk Basung, kabupaten Agam buka usaha mandiri pengolahan suplemen Virgin Coconut Oil (VCO) yang berasal dari fermentasi kelapa. Usaha yang merupakan satu-satunya di kabupaten Agam, sudah dikembangkan sejak lama sebagai salah produk nagari Manggopoh memanfaatkan potensi yang dimiliki.

Walinagari Manggopoh Ridwan Chaniago mengatakan, VCO merupakan peluang usaha yang potensial di nagari Manggopoh, karena kecamatan Lubukbasung khususnya Manggopoh merupakan sentral kelapa terbaik di kabupaten Agam.

“Usaha fermentasi dari santan kelapa ini peluang usaha bagi warga kenagarian Manggopoh, karena Manggopoh merupakan sentral penghasil kelapa terbaik di kabupaten Agam,” ujar Ridwan.

Usaha yang sudah 2 tahun berjalan ini sudah teruji dari dinas kesehatan dan sudah ada lebel halalnya dari propinsi, bahkan sudah diuji secara klinis.

Untuk pemasaran pihak nagari telah memiliki Badan Usaha Milik Nagari (BUMnag) dan bekerja sama dengan Cawan Foundation yang berpusat di Bekasi, propinsi Jawa Barat.

“Sejauh ini pemasaran VCO untuk dalam propinsi,¬†Payakumbuh, Pasaman, Pesisir Selatan, dan untuk diluar daerah di Medan, Riau, Palembang, Batam, bahkan sudah sampai ke Singapura, “jelas Walinagari Manggopoh itu lagi.

(AMC07)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *