Promo Gratis Kopi Arabika Singgalang di Apkasi Otonomi Expo

  • Bagikan

AMCNews.co.id — Kopi Arabika Singgalang dari Kabupaten Agam dibagikan gratis dalam acara Apkasi Otonomi Expo tahun 2018, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tanggerang, Jumat (6/7).

“Potensi kopi arabika di Agam luar biasa, ada sekitar 365 hektar kopi arabika, dan kopi robusta sekitar 1.775 hektar yang tersebar di beberapa kecamatan.

Kopi arabika tersebar di Kecamatan Candung, Baso, IV Koto, Matur, Palupuh dan Malalak, dan kopiĀ  robusta tersebar di Kecamatan Tanjung Raya, Malalak dan Palembayan,” kata Kabid Perkebunan Gusma Zendra, saat dimintai keterangan di standĀ  Agam di Indonesia Convention Exhibition BSD City Tanggerang.

Menurutnya, jika dibandingkan dengan kopi arabika dari daerah lain, jenis kopi arabika Kabupaten Agam memiliki rasa yang berbeda.

“Rasanya ada pahit, manis dan asam dan warnanya agak hitam kecokelatan,” katanya.

Dijelaskan, pihaknya sudah melakukan pendampingan terhadap petani kopi arabika maupun robusta.

“Kita dampingi mulai dari teknik budidaya, kemudian pengelolahan, penguatan kelembagaan petani, hingga informasi pasar kita sediakan,” katanya.

Dia berharap, dengan pameran Apkasi tersebut kopi arabika Agam semakin dikenal, sehingga berdampak terhadap kesejahteraan petani.

“Kita ingin ketika kopi semakin dikenal, maka semakin banyak pembeli yang datang langsung ke Kabupaten Agam,” harapnya.

Sementara itu, Afifi Alizar Agus, mengungkapkan dirinya senang dan apresiasi terhadap iven yang diselenggarakan pemerintah, karena melalui kegiatan itu kopi arabika miliknya lebih dikenal lagi.

“Alhamdulillah kita bisa difasilitasi Pemkab. Agam untuk tampil di iven besar ini, biasanya kita selama ini berusaha sendiri untuk promosi dan memasarkan kopi,” ujarnya.

(AMC06)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *