Juni 2018, Agam Inflasi 0,20 persen, Deflasi 1.10 persen

  • Bagikan

AMC. news.co.id — Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Agam, mencatat daerah itu mengalami inflasi sebesar 0,20 persen pada Juni 2018 karena adanya kenaikan indeks pada kelompok pengeluaran.

Kepala BPS Agam Joni Suryadi menyebutkan, kelompok pengeluaran yang menjadi penyumbang inflasi ada enam dan satu kelompok yang menyumbang deflasi di daerah itu selama Juni 2018.

Enam kelompok penyumbang inflasi, yaitu kelompok bahan makanan, kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau, kelompok sandang, kelompok kesehatan, kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga, kelompok transpor, komunikasi dan jasa kaungan.

“Kelompok tertinggi sumbangkan inflasi, yaitu kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau sebesar 1,20 persen. Sedangkan kelompok sumbangkan deflasi yaitu, perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar sebesar 1,10 persen,” jelasnya.

Disebutkan, beberapa komoditas yang mengalami kenaikan harga paling tinggi, yaitu belut, ikan tongkol, ikan ambu-ambu, daging ayam ras, buncis, jeruk, petai, ayam hidup, daun bawang, ikan mas dan komoditas lainnya,” ujarnya.

Dijelaskannya, daftar inflasi dan deflasi ini pihaknya mengacu kepada Kota Bukittinggi karena fluktuasinya tidak jauh berbeda termasuk beberapa daerah lainnya. Inflasi yang dihutung di Sumbar hanya dua daerah, yaitu Kota Bukittinggi dan Kota Padang.

(AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *