BKSDA Agam Kembali Temukan Bunga Raflesia

  • Bagikan

AMC.news.co.id Tim Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah kabupaten Agam, kembali menemukan 5 kuncup bunga raflesia anoldi di kawasan hutan jorong Aia Tabik, nagari Kamang Mudiak, kecamatan Kamang Magek.

Penemuan bunga raflesia anoldi itu, langsung mendapat perhatian luas masyarakat, pasalnya dari 5 kuncup yang ditemukan, 2 diantaranya sudah mekar.

” Saat ini, ada 5 bongkolan dan 2 sudah mekar, dalam minggu ini diperkirakan akan mekar 2 lagi,” ujar kepala seksi wilayah I BKSDA Khairi Ramadhan yang didampingi kepala Resor BKSDA Syahrial Tanjung.

Dijelaskan Khairi, kecamatan Kamang Magek merupakan salah satu daerah yang potensi bunga ini berkembang. Pasalnya, sepekan sebelumnya juga ditemukan bunga raflesia anoldi di daerah Palembayan dan Palupuah.

Di wilayah Palupuah ada 4 bongkolan dan 1 mekar, di daerah Palembayan 35 bongkolan dan 2 sudah mekar.

Keberadaan bunga raflesia itu, diyakini tidak hanya menjadi salah satu bunga langka tapi juga akan menjadi potensi wisata bagi masyarakat setempat. Terkait dengan potensi Khairi berharap, masyarakat dapat bekerja sama dengan pemerintah untuk bersama melindungi habitat langka ini.

“Silahkan dilihat, tapi jangan dirusak ataupun dipindahkan,” harapnya.

Potensi bunga raflesia anoldi yang di kabupaten Agam menjadi salah satu objek wisata andalan, karena banyak warga yang sengaja mendatangi lokasi bunga langka itu, apalagi saat musim mekar. (AMC07)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.