Pemkab Agam Rancang Bangun Jalan Wisata dan Evakuasi Tsunami di Tiku

  • Bagikan
Landmark Pantai Bandar Mutiara Nagari Tiku Selatan Kecamatan Tanjung Mutiara Kabupaten Agam

AMC.news.co.id Untuk memudahkan akses transportasi di kawasan wisata Pantai Pasie Tiku Kecamatan Tanjung Mutiara, Pemkab Agam rencanakan perbaikan dan pelebaran jalan di sejumlah titik menuju kawasan tersebut.

Selain untuk akses dan bentuk pelayanan pemerintah bagi pengunjung objek wisata yang semakin ramai tersebut, ruas jalan yang akan dibangun menjadi rute jalur evakuasi tsunami.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Agam Yunaldi, kepada AMC.news.co.id di Tiku, Jumat (22/6) siang.

Dijelaskan, perbaikan jalan tersebut rencananya dibuat di tiga titik menuju objek wisata Pantai Pasie Tiku, yaitu jalan Simpang Pantai Tiku TPI, jalan Banda Baru Tiku Lamo dan jalan Pantai Bandar Gadang, dengan panjang sekitar 5 kilometer.

“Dananya akan kita usulkan dalam penyusunan RAPBD 2019 tahun ini, dengan alokasi anggaran sekitar Rp.12,5 miliar,” jelasnya.

Yunaldi menegaskan, perbaikan dan pembangunan jalan itu menjadi rencana utama Pemkab Agam saat ini, menyikapi semakin banyaknya pengunjung ke objek wisata tersebut.

Kadinas PUTR Agam itu menambahkan, disamping sebagai jalur evakuasi tsunami, jalur jalan yang akan dibenahi itu, diyakini juga untuk mendongkrak pertumbuhan kunjungan wisatawan ke objek wisata pantai yang secara otomatis akan berdampak positif bagi aktivitas ekonomi masyarakat setempat.

” Dengan jalur jalan yang memadati, akan semakin memudahkan pengunjung ke objek wisata pantai itu dengan menggunakan berbagai sarana, termasuk bus pariwisata, ” ulas Yunaldi.

Kadinas PUTR Agam itu, berharap, rencana tersebut bisa masuk dalam program kegiatan Pemkab.Agam tahun 2019 mendatang, sehingga kenyamanan masyarakat khususnya pengunjung ke objek wisata pantai yang jadi andalan kabupaten Agam saat ini, bisa semakin nyaman, dan jumlah pengunjung semakin bertambah. (fh/AMC)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *