Tingkatkan Sinergisitas Program Gemarikan, Forikan Agam Gelar Rakor

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Agam menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tahun 2020 di Aula kantor Bupati Agam, Kamis (12/3/2020).

Rakor tersebut dibuka langsung oleh Ketua Forikan Kabupaten Agam, Ny. Vita Indra Catri. Kegiatan itu dalam rangka meningkatkan kerjasama dan sinergisitas program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan.

Turut hadir dikesempatan itu, Wakil Ketua Forikan Kabupaten Agam Ny. Chandra Trinda Farhan Satria, Kepala Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Agam, Ermanto dan Kepala Bidang Peningkatan Daya Saing Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar.

Dalam Rakor itu membahas berbagai aspek masalah perikanan mulai dari manfaat ikan bagi kesehatan, manfaat gizi mengkonsumsi ikan, sampai membudayakan makan ikan.

Ny Vita Indra Catri dalam sambutannya menjelaskan, pada periode pertama pengurusan Forikan Agam, telah berhasil meningkatkan angka konsumsi ikan Kabupaten Agam dari 18 kg/kapita menjadi 28 kg/kapita tahun 2013 dan terus meningkat 30,04 kg/kapita di tahun 2014.

“Sedangkan pada tahun 2019 angka konsumsi ikan Kabupaten Agam telah mencapai 37,75 kg/kapita per tahun,” ujarnya.

Dikatakan, pada tingkat Provinsi Sumatera Barat, Forikan Kabupaten Agam meraih juara pertama berturut-turut sejak tahun 2017 hingga 2019 untuk kategori Sekretariat Forikan.

Pada tahun ini, Forikan Kabupaten Agam akan melaksanakan beberapa kegiatan. di antaranya lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Agam,
festival makan ikan yang diikuti oleh 32 nagari yang ditunjuk oleh Ketua Forikan kecamatan dan sosialisasi Gemarikan melalui pembekalan materi kelembagaan Forikan, manfaat makan ikan serta demo olahan ikan dengan mobil ATI.

“Semoga Forikan Kabupaten Agam dapat mensosialisasikan Gemarikan sampai ke jorong-jorong yang meliputi semua tingkatan usia. Sehingga angka konsumsi ikan Kabupaten Agam meningkat sesuai target nasional 54 kg/kapita per tahun,” harap istri orang nomor satu di Kabupaten Agam itu.

Sementara itu, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Ermanto mengharapkan, Kabupaten Agam bisa mempertahankan juara Forikan Nagari ditingkat Provinsi Sumatera Barat pada tahun 2020.

“Semoga Kabupaten Agam bisa menjadi juara umum pada lomba memasak serba ikan tingkat Provinsi Sumbar tahun 2020 dan bisa mewakili Sumbar dilomba masak serba ikan tingkat Nasional di tahun 2021,” harapnya. (RDO)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *