Bupati Agam Minta Niniak Mamak Rangkul Kemenakan, Wariskan Adat Minangkabau

  • Bagikan

Baso, AMC– Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman MM, hadiri acara adat pemindahan gelar Datuak Bandaro Mangiang Kaum Sikumbang Gadang Jorong Baso, Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso.

Acara tersebut dilaksanakan di Rumah Ermi, Koto Malintang,Baso, Minggu (22/9).

Dalam prosesi adat tersebut, gelar Datuak Bandaro Mangiang secara resmi dipindahkan dari Anis Datuak Bandaro Mangiang kepada Drs. Daswir Tk. Bandaro Nan Panjang yang ditandai dengan pemindahan deta berlangsung khidmat dihadiri oleh tokoh adat, masyarakat setempat, serta beberapa tamu undangan lainnya.

Bupati Agam dalam sambutannya, menyampaikan pentingnya menjaga nilai-nilai adat dan tradisi yang telah menjadi warisan leluhur.

Beliau juga mengapresiasi peran ninik mamak dalam memelihara dan melanjutkan adat yang diwariskan turun-temurun.

“Pemindahan gelar adat ini bukan hanya simbol penghormatan, tetapi juga bentuk tanggung jawab besar bagi penerima gelar dalam memimpin dan menjaga marwah kaum serta nagari,” ujar Bupati Andri Warman.

Bupati berharap, melalui pemindahan gelar datuk ini akan adanya peningkatan peranan niniak mamak dalam merangkul anak dan kamanakan untuk mengajarkan dan wariskan nilai-nilai ada di Minangkabau di Kabupaten Agam khususnya di Kecamatan Baso.

Acara tersebut diakhiri dengan doa bersama dan ramah tamah sebagai bentuk syukur atas terlaksananya pemindahan gelar dengan lancar.-
Penulis : Tori
Editor : Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *