Bupati Agam Buka Pelatihan Konselor SDM Pendamping AMPK dan Perempuan Korban Kekerasan

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC.– Bupati Agam, Dr H Andri Warman buka pelatihan konselor bagi SDM pendamping Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK) dan perempuan korban kekerasan, di Hotel Sakura Lubuk Basung, Senin (15/7).

Pelatihan yang digelar Dinas Dalduk KB PP dan PA itu, akan berlangsung hingga tiga hari ke depan dengan jumlah peserta 40 orang.

Andri Warman mengatakan, kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan permasalahan sosial yang harus segera ditangani.

“Tidak jarang jika ada kekerasan terhadap perempuan dan anak, korban dan masyarakat sekitar tidak tahu harus mengadu dan melakukan apa,” ujarnya.

Namun katanya, lembaga penyedia layanan yang diharapkan mampu membantu perempuan dan anak korban kekerasan, masih kurang dibekali dengan ilmu bagaimana menghadapi eks korban.

Dengan begitu, pelatihan konselor ini menjadi sangat penting dalam membentuk SDM dan relawan pendamping anak, yang mempunyai keahlian konseling, terapi dan advokasi.

“Kita berharap pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tenaga pendamping, dalam memberikan pelayanan bagi anak dan perempuan korban kekerasan yang memerlukan perlindungan khusus,” sebut Andri Warman.

Tidak hanya itu, dia juga berharap mampu memberikan penguatan dan pemulihan diri korban kekerasan secara psikososial, serta menyosialisasikan peran dan fungsi bimbingan konseling dengan mandiri dan percaya diri.

“Para peserta agar memiliki loyalitas, integritas dan komitmen yang tinggi dalam memberikan layanan terutama terhadap perempuan dan anak membutuhkan perlindungan,” katanya.

Terkait persoalan kekerasan, Andri Warman mengajak peserta pelatihan untuk membangun sinergi dan kerja nyata, dalam menjamin tidak ada lagi permasalahan perempuan dan anak yang terabaikan.

Kepala Dinas Dalduk KB PP dan PA Agam, Surya Wendri mengatakan, 40 peserta yang mengikuti pelatihan merupakan utusan dari 30 nagari perwakilan.

“Selain itu ditambah dari Dinas Dalduk KB PP dan PA, Disdikbud, Dinas Sosial dan Puspaga Agam,” sebutnya.

Dalam hal ini, Dinas Dalduk KB PP dan PA menghadirkan Zera Mendoza yang merupakan psikolog, sebagai narasumber.
Penulis : Andri
Editor : Reska/Harmen

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *