Tahun Pariwisata Sumbar, Kadisparpora Agam : Penggiat Wisata Harus Siap

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Syatria, S.Sos, M.Si mengatakan penggiat wisata di daerah itu harus mempersiapkan diri menghadapi tahun kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat (Sumbar) pada 2023.

“Tahun 2023 tentunya kran pariwisata dibuka lebar-lebar. Artinya kita harus siap menerima kunjungan wisatawan, termasuk kesiapan para penggiat kepariwisataan,” ujar Syatria saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (11/11).

Keterlibatan penggiat wisata ini sambungnya, diutamakan dalam konteks membenahi destinasi wisata, baik itu objek wisata, rumah makan dan restoran ataupun tempat penginapan atau homestay.

Dikatakan Syatria, para penggiat wisata harus bekerja keras mencari cara memperpanjang length of stay wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Agam. Minimal, wisatawan bisa bertahan di Agam selama dua hari satu malam.

“Jika length of stay wisatawan durasinya lebih lama maka ekonomi masyarakat seperti penyedia akomodasi, usaha makanan dan minum juga akan meningkat,” ungkapnya.

Tidak hanya para penggiat wisata, Syatria juga meminta masyarakat luas untuk turut menyukseskan tahun pariwisata Sumbar.

Menurutnya, pengelolaan potensi wisata di Kabupaten Agam sangat membutuhkan keterlibatan komponen masyarakat.

“Identitas pariwisata adalah soal keindahan, apakah itu penataan lingkungan, kebersihan dan sebagainya. Ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama termasuk seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *