Tak Perlu Antre, Daftar Berobat di RSUD Lubuk Basung Bisa Dengan Whatsapp

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Pasien Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung kini tak perlu lagi antre berdesakan untuk mendaftar berobat.

Pasalnya, sejak Rabu (31/8) kemarin para pasien sudah bisa mendaftar berobat melalui Whatsapp di nomor 0811-666-4050.

Direktur RSUD Lubuk Basung, dr. Riko Krisman, Sp.An didampingi Kabid Promosi Publikasi Litbang, Rozi Anggraini S.Si.T, M.Kes mengatakan pihaknya terus menelurkan inovasi yang memudahkan pelayanan.

Kekinian pihaknya menfasilitasi pelayanan pendaftaran berobat pasien bisa melalui Whatsapp. Menurutnya, media jejaring sosial ini lebih mudah diakses oleh masyarakat.

“Selain mudah diakses masyarakat, pendaftaran melalui Whatsapp ini juga banyak keuntungan seperti bebas antrian, cepat, efisian dan juga mengurai kerumunan,” ujarnya, Kamis (1/9).

Sistem pelayanan online semacam ini sambungnya, sudah ada sejak 2021 lalu. Namun baru hanya memanfaatkan situs web pendaftaran online yang menurutnya tidak semua masyarakat bisa mengakses situs tersebut.

“Pembaharuannya sekarang adalah ditambah dengan Whatsapp dan kedepan pasien juga bisa mendaftar dengan Mobile JKN dan Mobile Pasien,” sebutnya.

Pendaftaran pasien berobat di RSUD Lubuk Basung hanya dapat dilakukan satu hari menjelang berobat dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Setelah mendaftar dan diproses admin, pasien akan diberikan nomor antrean.

“Bagi pendaftarannya yang sudah diproses langsung mendapat nomor antrean yang kemudian dibawa untuk registrasi di loket 2 bagi pasien BPJS dan loket 8 bagi pasien umum,” terangnya.

Cara mendaftarnya juga cukup mudah katanya lagi, untuk pasien lama bisa mengirim Whatsapp dengan mengisi format diantaranya nomor rekam medis, identitas diri, poliklinik yang dituju, tanggal berobat, cara pembayaran dan nomor BPJS.

Sedangkan format untuk pasien baru diantaranya identitas diri sesuai KTP seperti nama, tempat tanggal lahir dan alamat, lalu nama ibu kandung, cara pembayaran, poliklinik yang ingin dituju, tanggal berobat dan nomor BPJS bagi peserta BPJS.

“Jika ada pembatalan segera melakukan konfirmasi ke nomor layanan RSUD Lubuk Basung,” katanya.

Meski pendaftaran melalui Whatsapp sudah diberlakukan, pihaknya juga tidak lantas menutup pelayanan secara manual. Hal ini untuk mengakomodir masyarakat yang sama sekali tidak bisa mengakses jejaring sosial.

“Pendaftaran secara manual tetap dibuka, karena kita menyadari tidak semua masyarakat kita punya android,” ungkapnya.

Karena proses pendaftaran sudah lebih cepat katanya lagi, otomatis pasien sampai ke ruang poliklinik juga lebih cepat. Sembari menunggu dokter, para pasien juga akan disuguhkan informasi tentang kesehatan oleh narasumber berkompeten.

“Hanya saja untuk sementara pelayanan informasi kesehatan ini baru bisa kami berikan pada Senin dan Kamis saja,” sebutnya.

Ditambahkan, selain bisa mendaftar, melalui nomor Whatsapp ini masyarakat juga bisa memberikan masukan terhadap pelayanan RSUD Lubuk Basung. Pihaknya menyebut inovasi ini dengan Survey Kepuasan Pasien (Sasukepas).

“Jadi satu nomor whatsapp ada dua layanan yang bisa kita berikan, pertama pendaftaran kedua survey kepuasan pasien,” sebutnya lagi.

Pantauan AMC, inovasi pendaftaran pasien berobat melalui Whatsapp ini mendapat respon positif dari masyarakat. Seperti yang diutarakan Noviarlis (62) warga Lubuk Basung.

Dirinya mengaku dimudahkan dengan adanya inovasi ini. Jika sebelumnya ia musti antre berjam-jam, sekarang ia hanya butuh waktu setengah jam untuk antrean mendaftar ulang.

“Anak saya yang mendaftarkan, katanya lebih mudah, saya tinggal bawa bukti pendaftaran kesini dan bisa langsung berobat. Saya tidak perlu lagi subuh-subuh kesini,” ujarnya. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *