Peran Orang Tua Sangat Vital Tumbuhkan Minat Baca Anak

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Bunda Paud Kabupaten Agam Ny. Yenni Andri Warman, mengatakan, orang tua mempunyai peranan penting dalam menumbuhkan minat membaca pada anak. Karena itu, orang tua harus ikut berpartisipasi dengan membudayakan dan mencontohkan gemar membaca di rumah. 

“Orang tua adalah pusat pembelajaran anak di rumah. Anak harus dibimbing dengan baik dengan mencontohkannya. Jadi orang tua terlebih dahulu harus cinta terhadap membaca, nanti hal itu juga akan diikuti oleh anak,” ujar Bunda Paud saat kunjungannya ke TK Melati Lubuk Basung, Kamis (19/5).

Untuk menumbuhkan minat baca pada anak, katanya, para orang tua juga harus didukung dengan fasilitas berupa buku atau media yang menarik yang dapat menumbuhkan minat membaca anak dengan metode persuasif yang baik pula. 

“Kita jangan memaksa anak untuk membaca, tapi contohkan kepada mereka dengan baik,” jelasnya.

Ny. Yenni mengatakan, dengan membaca dapat memberikan banyak wawasan ilmu. Maka, membaca harus dibudayakan sedini mungkin dan partisipasi orang tua di rumah juga berpengaruh besar dalam keberhasilan membaca anak. Itulah sebabnya membaca perlu dijadikan kegiatan yang menyenangkan bagi anak agar mereka tidak bosan.

Ia menyebutkan, metode untuk mendekatkan literasi kepada anak bisa diawali dengan membelikan buku yang disukai anak. Baik itu buku bergambar, buku dongeng, atau memasang karpet huruf, atau permainan yang mendekatkan terhadap huruf-huruf.

“Tidak kalah juga, dengan menceritakan dongeng kepada anak bisa menumbuhkan minat baca mereka,” tutur Ny. Yenni. (Finand)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.