Kepala Perpusnas RI Resmikan Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Agam

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando, resmikan Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Agam, Selasa (8/3).

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti serta pemukulan tambua oleh Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando, dan Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Agam, Dr. Novi Irwan, Bunda Literasi Kabupaten Agam, Ny Yenni Andri Warman, dan lainnya.

Dalam laporannya, Plt Kadis Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, Aryati, mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perpusnas RI yang telah hadir dan berkenan untuk meresmikan Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Agam.

“Tujuan pembangunan perpustakaan ini adalah untuk membantu pembelajaran dan peningkatan literasi anak-anak, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat Agam. Sehingga Perpustakaan ini bisa meningkatkan indeks literasi masyarakat untuk kesejahteraan,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Agam, Dr. H Andri Warman, MM, mengungkapkan rasa bangga dan bersyukur kepada Allah SWT dengan kehadiran Gedung Layanan Perpustakaan Daerah ini.

“Keberadaan Perpustakaan ini memiliki arti penting dalam meningkatkan kemampuan literasi masyarakat,” ujarnya.

Ia berharap, dengan kehadiran Gedung Perpustakaan yang representatif ini, Perpustakaan daerah bersama perpustakaan lainnya dapat lebih berkiprah lagi dalam meningkatkan nilai kegemaran membaca dan Indeks pembangunan literasi di Kabupaten Agam.

Hal senada juga disampaikan Kepala Perpusnas RI, Muhammad Syarif Bando, ia mengatakan, literasi adalah kemampuan menciptakan barang dan jasa sesuai dengan perkembangan ilmu dan informasi.

‚ÄúLiterasi bukan hanya sekedar membaca dan menulis, Oleh sebab itu kita berharap, keberadaan perpustakaan ini dapat meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengidentifikasi, mengerti, memahami dan menciptakan sesuatu untuk kesejahteraan,” ujarnya.

Ia berharap, kedepannya pemerintah daerah dapat melakukan penguatan kolaborasi dan kerjasama untuk mendorong peran strategis perpustakaan sebagai ruang publik, agar masyarakat dapat mengembangkan keterampilan hidup, berbagai pengalaman dan juga membangun potensi dan kreativitas untuk meningkatkan kesejahteraan.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan pemberian penghargaan kepada perpustakaan desa/nagari terbaik dalam implementasi program tranformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial tahun 2021, dan penandatanganan nota kesepakatan antara Perpustakaan RI dengan perguruan tinggi, serta pengukuhan Bunda Literasi Kabupaten Agam. (HR)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *