Sektor Swasta Komit Lindungi Anak, APSAI Kabupaten Agam Dibentuk

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kabupaten Agam resmi dibantuk. Asosiasi tersebut merupakan wadah percepatan perlindungan anak yang digerakkan oleh sektor swasta.

Kepala Dinas Dalduk KB, PP dan PA Kabupaten Agam, Ir. Erniwati, M.SP melalui Kabid Perlindungan Anak, Asnidawati mengatakan, APSAI Kabupaten Agam resmi terbentuk seturut pelaksanaan pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) bagi dunia usaha, Rabu (8/12) kemarin.

“Alhamdulillah, pada pelatihan KHA kemarin, para peserta yang notabene sektor swasta sepakat membentuk APSAI Kabupaten Agam,” ujarnya, Kamis (9/12).

Komitmen sektor swasta tersebut imbuhnya, makin meningkat setelah mendapat pencerahan tentang KHA dan peran dunia usaha dalam pemenuhan hak anak perlindungan khusus anak.

Menurutnya, APSAI Kabupaten Agam akan menjadi wadah sinergitas dan upaya percepatan perlindungan anak, terutama untuk memastikan peran sektor swasta khususnya di Kabupaten Agam.

Selain itu, APSAI Kabupaten Agam juga berfungsi sebagai wadah utama komunikasi bagi perusahaan yang peduli pada hak-hak anak, serta memecahkan masalah-masalah anak yang dihadapi.

Asnidawati menjelaskan, setidaknya terdapat tiga peran utama dunia usaha dalam pemenuhan hak anak. Hal itu tertuang dalam UU Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Peran pertama, mencetuskan kebijakan-kebijakan yang berspektif perlindungan anak. Kedua, produk- produk yang dibuat khusus untuk anak harus aman.

“Kemudian, sektor swasta juga berperan dalam pemenuhan hak anak melalui tanggung jawab sosial perusahaan,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua APSAI Kabupaten Agam, Shanty Dewi Fauzy mengatakan kehadiran APSAI di Kabupaten Agam diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap upaya perlindungan anak.

Menurutnya, sebagai mitra pemerintah daerah, sektor swasta memiliki peran strategi dalam pemenuhan hak-hak anak. Untuk itu APSAI Agam diharapkan dapat menelurkan berbagai kegiatan positif.

“Kiranya sektor usaha di Kabupaten Agam dapat secara konsisten memberikan kontribusi terhadap tumbuh kembang anak melalui berbagai kegiatan positif, sehingga anak-anak yang merupakan calon generasi penerus nantinya akan tetap meneruskan cita-cita mulia dalam mewujudkan Agam makmur sejahtera,” ujarnya.

Diketahui, APSAI Kabupaten Agam yang dibentuk kemarin diketuai oleh Kepala Cabang Bank Nagari Lubuk Basung, Shanty Dewi Fauzy, Wakil Ketua Emrivos Yanelfi dari PT. AMP, Sekretaris Sastriyeni dari PT. AMP, Wakil Sekretaris Rindu dari Hotel Sakura Syariah dan Bendahara Idham Septiawan dari Bank Nagari Cabang Lubuk Basung. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *