Wabup Agam Hadiri Rakor TP2DD se-Sumbar Semester II

  • Bagikan

Padang, AMC – Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri, ikuti rapat koordinasi program kerja Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) se-Sumatera Barat semester II tahun 2021, di Aula Anggun Nan Tongga, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sumatera Barat, Senin (30/8).

Rapat tersebut dipimpin Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah selaku Ketua TP2DD Sumbar dan dihadiri pimpinan daerah se-Sumatera Barat serta lainnya.

Mahyeldi mengatakan, di masa pandemi ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, berupaya mempercepat perubahan pola kerja dan transaksi keuangan, yang mulai bergeser dari konvensional menjadi sistem digital.

“Dengan adanya pandemi, telah merubah aktivitas masyarakat termasuk juga Pemprov Sumbar terus beradaptasi dengan segala perubahan itu,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini pola kerja pemerintah sudah beralih ke digital, seperti pekerjaan yang mulai mengurangi kertas, komunikasi secara virtual, juga termasuk transaksi.

“Ini sejalan dengan program Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) yang digulirkan oleh pemerintah pusat,” jelasnya.

Dikatakan, pihaknya mendukung penuh dan optimis seluruh pemerintah daerah, baik kabupaten maupun kota, dapat mengimplementasikan program tersebut.

“Pemerintah daerah juga bertanggung jawab untuk mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk melakukan transaksi secara digital, seperti pembayaran pajak maupun retribusi,” ujarnya.

Dijelaskan, implementasi program ETPD, banyak memberikan manfaat terhadap peningkatan tata kelola transaksi keuangan daerah, yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan asli daerah secara optimal.

Oleh sebab itu, ia berharap dukungan dari TP2DD yang telah dibentuk untuk mempercepat pengimplementasian digitalisasi transaksi keuangan daerah. (HR)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *