Sungai Batang Lolos Nominasi 50 Besar ADWI 2021

  • Bagikan

Tanjung Raya, AMC – Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, masuk ketahapan 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Nagari Sungai Batang menjadi satu dari empat nagari di Sumatera Barat yang bakal memperebutkan predikat bergensi dari ajang yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Agam, Syatria menyebut, dari 1.400 desa se Indonesia yang berkompetisi, mengerucut menjadi 300 besar, lalu 100 besar hingga terpilih 50 besar.

Di Provinsi Sumatera Barat katanya lagi, ada empat desa yang lolos ke babak 50 besar. Selain Nagari Sungai Batang di Agam, ada Desa Wisata Kampung Minang Nagari Sumpu, Tanah Datar. Desa Wisata Seribu Gonjong, Lima Puluh Kota dan Desa Apar, Kota Pariaman.

“Alhamdulillah, Sungai Batang lolos hingga ke tahap nominasi 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, dengan satu-satunya perwakilan Agam itu, pihaknya berharap dukungan penuh dari masyarakat. Selain itu, jajaran OPD di Kabupaten Agam bisa lebih fokus menghantarkan Nagari Sungai Batang ke puncak klasemen.

“Kemudian dengan dukungan penuh Bapak Bupati Agam, Andri Warman dan seluruh OPD yang ada, kita optimis meraih predikat pada kompetisi Desa Wisata di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini,” ujarnya, Senin (23/8).

Agar persiapan lebih maksimal ulas Syatria, pihaknya akan menindaklanjuti untuk memperkuat Tim Pokdarwis dan Organisasi Kepemudaan yang ada di Sungai Batang.

Menurutnya, banyak penggerak yang telah melakukan aksi beberapa tahun ini, selain pokdarwis. Seperti Komunitas Pemuda Generasi Hamka (KPGH) Tanjung Raya yang binaan langsung Camat Tanjung Raya.

Sementara itu, Camat Tanjung Raya, Handria Asmi mengaku bangga atas prestasi yang diraih Nagari Sungai Batang. Dikatakanya, prestasi itu tidak lepas dari kerjasama semua pihak dan kepedulian bersama.

Menurutnya prestasi itu merupakan buah dari keseriusan Pemerintah Kabupaten Agam bersama Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat yang melakukan pendampingan secara intens beberapa waktu terakhir dan empat bulan kedepan.

“Kami sangat bangga dan akan berusaha terus membantu perjuangan pemuda-pemudi Sungai Batang ini. Mengangkat potensi wisata religius dan budaya yang dimiliki secara maksimal. Dukungan semua pihak jelas sangat kita butuhkan,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UM Sumbar, Muhammad Abdi mengatakan, banyak pihak yang ikut serta membantu dalam mensukseskan sejumlah Nagari di Agam berkompetisi dalam ajang ADWI 2021 ini.

“Namun keberuntungan diperoleh Nagari Sungai Batang. Mungkin ada keunggulan tersendiri dari Kampung Kelahiran Buya Hamka ini. Sehingga berhasil lolos 50 nominasi Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021 ini,” terangnya. (Rud/Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *