Puluhan Jamba Sambut Kedatangan Wakil Gubernur ke Padang Mardani

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Kedatangan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Ir. Audy Joinaldy ke Jorong Padang Mardani, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung disambut puluhan jamba dari masyarakat setempat.

Pantauan AMC pukul 17.15 WIB, tampak puluhan kaum ibu satu per satu mulai berdatangan ke Masjid Nurul Iman Ujang Tanah. Kedatangan ibu-ibu itu tidak sendiri, tampak bersama mereka buah tangan berupa jamba.

Diketahui hari Minggu (25/4) ini, masyarakat Jorong Padang Mardani bakal menggelar berbuka puasa bersama dengan orang nomor dua di Sumatera Barat.

Raut wajah bangga akan bertemu Wakil Gubernur Sumatera Barat tampak jelas di wajah masyarakat. Seperti halnya yang dirasakan Evi, warga Ujuang Tanah.

“Hari ini kami akan berbuka bersama dengan Wakil Gubernur, jadi secara suka rela kami membawa jamba yang berisi makanan ke masjid,” ujarnya.

Dikatakan Evi, dirinya sengaja menyiapkan makanan sebagai isi jamba sejak dari pagi hari. Bahkan, dirinya sengaja meliburkan segala aktivitas agar bisa memasak sejumlah makanan yang bakal disuguhkan.

“Pagi ke pasar dulu, sepulang dari pasar langsung memasak di dapur, takutnya nanti tidak keburu,” ungkapnya.

Hal senada juga diutarakan Nureli yang bersemangat memasak sejumlah makanan. Disebutkan, setidaknya isi jamba yang dibawanya terdapat 8 jenis makanan.

“Karena akan berbuka bersama dengan Wakil Gubernur jadi kami jadi semangat memasak, jam setengah lima sore tadi selesai memasak langsung ke masjid,” ucapnya.

Ditambahkan, membawa jamba disaat kenduri dan acara adat sudah menjadi tradisi bagi kaum ibu di daerah setempat.

“Selain lauk pauk, di dalam jamba juga berisi nasi yang dibungkus daun, masing -masing biasanya membawa sebanyak sepuluh bungkus nasi daun,” ujarnya. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *