JUSER, Cara Puskesmas Biaro Budayakan Makan Buah dan Sayur

  • Bagikan

Biaro, AMC – Puskesmas Biaro punya banyak cara mengkampanyekan budaya makan buah dan sayur kepada masyarakat.

Jumat Sehat Berkah atau disingkat JUSER adalah salah satu di antara banyak cara tersebut.

Kepala Puskesmas Biaro, dr. Anisa Syofyana melalui Pelaksana Promosi Kesehatan, Ernida, S.ST mengatakan dalam mengusahakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Puskesmas Biaro membuat sebuah inovasi yang bertujuan mengkampanyekan budaya makan buah dan sayur.

“Jadi dari 10 indikator PHBS, salah satunya makan buah dan sayur. Untuk menstimulasi masyarakat untuk membiasakan makan buah dan sayur, kami menghadirkan Jumat Sehat Berkah atau JUSER,” ujarnya, Selasa (12/1).

Disebutkan, JUSER yang sudah berlangsung sejak dua tahun silam, menyediakan sajian buah dan minuman kepada pengunjung puskesmas di setiap hari Jumat. JUSER dihidangkan di Pojok Layanan Pemberitahuan Informasi kesehatan bertajuk LAPAU SEHAT.

“Puskesmas menyediakan setidaknya 30 porsi sajian buah dan minuman, sekali dua minggu juga ada minuman dengan ramuan tradisional” sebutnya.

Ketika pandemi Covid-19 mulai marak, pihaknya menghentikan sementara gerakan budaya makan buah dan sayur tersebut. Namun, ketika pandemi Covid-19 berangsur menurun, pihaknya kembali menghadirkan JUSER kepada masyarakat.

“Jumat depan merupakan JUSER perdana di Puskesmas Biaro untuk tahun 2021 ini,” imbuhnya.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19, masyarakat harus menjaga daya tahan tubuh agar tetap baik. Salah satunya adalah menerapkan PHBS dan rajin makan sayur dan buah.

Ditambahkan, masyarakat setempat merespon JUSER dengan sangat bai, pasalnya, selain mendapatkan pelayanan yang prima, masyarakat juga bisa mengonsumsi sajian buah yang sehat.

“JUSER ini merupakan gerakan yang dananya bersumber dari sumbangan staff, semoga berkah buat masyarakat,” ujarnya. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *