Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada di Tanjung Raya, Ketua PPK: Hari Ini Tuntas

  • Bagikan

Maninjau, AMC – Pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada serentak tahun 2020 di tingkat Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, berlanjut pada hari kedua, Sabtu (12/12).

Pleno yang dilaksanakan sejak Jum’at kemarin di Aula Kantor Camat Tanjung Raya ini dihadiri oleh Komisioner PPK, Panwascam, Polsek Tanjung Raya, PPS, saksi saksi Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, serta Paslon Bupati dan Wakil Bupati Agam.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tanjung Raya, Rino Fernando kepada AMCNews.co.id mengatakan, pelaksanaan pleno rekapitulasi pada hari pertama Jum’at kemarin dilakukan secara manual karena aplikasi Sirekap yang digunakan untuk rekapitulasi tidak bisa akses mengingat server aplikasi tersebut penuh.

Oleh karena itu, pihaknya bersama unsur yang terlibat berinisiatif melakukan penghitungan secara manual, guna mempercepat proses pleno tersebut.

“Alhamdulillah, dihari kedua ini server aplikasi tersebut dapat di akses, sehingga kita bisa melaksanakan pleno berdasarkan aplikasi Sirekap. Kemudian, dalam pleno tersebut kita juga membagi dua kelompok dan dilaksanakan secara paralel,” ujarnya Sabtu siang.

Kendati demikian, pihaknya menargetkan pelaksanaan pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara tuntas pada hari ini. Karena hanya tinggal 3 Nagari lagi yang akan melaksanakan pleno, yakni Nagari Koto Gadang VI Koto, Paninjauan, dan Duo Koto.

“Enam Nagari lain di Tanjung Raya sudah selesai melaksanakan pleno. Oleh karena itu kita menargetkan pelaksanaan pleno hari ini tuntas, sehingga kotak suara beserta dokumen lain dapat di drop ke KPU Kabupaten Agam secepatnya,” katanya.

Selain itu, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polsek Tanjung Raya untuk melakukan pengamanan dan penjagaan logistik kotak surat suara. Ditambahkan, pihaknya juga mengapresiasi dan berterimakasih kepada Kepolisian yang telah membantu mengamankan kotak suara sejak didistribusikan hingga proses pleno hari ini.

“Kami sangat mengapresiasi sekali aparat Kepolisian yang telah membantu menjaga dan mengamankan proses Pilkada tahun ini,” ungkapnya.

Menurutnya, partisipasi pemilih di Kecamatan Tanjung Raya dalam Pilkada tahun ini berkisar antara 50-53 persen. Artinya hanya sekitar 12 ribuan pemilih yang memberikan hak suaranya di TPS pada 9 Desember kemarin.

“Sebelum hari H, kami telah berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat untuk datang ke TPS memberikan hak suara. Tapi kenyataannya tidak sesuai dengan harapan,” sebutnya.

Disisi lain, dia berharap kepada calon kepala daerah yang terpilih untuk melaksanakan tugas dan menjalankan amanah sebaik-baiknya. Serta dapat memberikan kemajuan di daerahnya masing-masing. (Harmen)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *