Menu

Pjs Bupati Agam Kunjungi Baksos Pelayanan KB MKJP MOW di RSIA Rizki Bunda

  Dibaca : 36 kali
Pjs Bupati Agam Kunjungi Baksos Pelayanan KB MKJP MOW di RSIA Rizki Bunda

Lubuk Basung, AMC – Pjs. Bupati Agam, Ir. Benni Warlis, MM mengunjungi bakti sosial (baksos) pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Medis Operatif Wanita (MOW) di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Rizki Bunda, Rabu (18/11).

Pada kesempatan itu, Ir. Benni Warlis, MM mengajak masyarakat untuk menjaga jarak atau menunda kehamilan sementara waktu, mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih berlangsung.

“Dimasa pandemi Covid-19 ini, kami mengajak masyarakat untuk menjaga jarak kehamilan atau menunda dulu kehamilan,” ujarnya.

Selain itu, masyarakat diminta untuk tetap menjaga kesehatan di masa pandemi Covid-19. Disebutkan, upaya yang dapat dilakukan masyarakat adalah dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Selalu terapkan protokol kesehatan Covid-19, semoga kita semua terhindar dari virus ini,” katanya.

Pjs Bupati Agam juga mengapresiasi bakti sosial yang terselenggara atas kerjasama Dinas Dalduk-KB PP&PA Kabupaten Agam dengan RSIA Rizki Bunda.

Sementara itu Kepala Dinas Dalduk-KB PP&PA Kabupaten Agam melalui Kepala Bidang KB, Masirin mengatakan di masa pandemi Covid-19 pelayanan KB terhadap masyarakat tidak boleh terhenti.

Menurutnya, apabila program KB terhenti, akan terjadi droppout yang akan berdampak kepada terjadinya lonjakan angka kehamilan.

“Sehingga bakti sosial Pelayanan KB MJKP MOW ini yang mana bekerjasama dengan RS Rizki Bunda bertujuan untuk memenuhi hak-hak reproduksi tersebut, tentunya dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” terangnya.

Lebih lanjut dipaparkan, MKJP merupakan metode kontrasepsi yang digunakan untuk menunda, menjarangkan kehamilan, serta menghentikan kesuburan yang digunakan dengan jangka panjang, yang meliputi IUD (Intra Uterine Device), Implant (susuk KB) dan kontap (Kontrasepsi mantap) MOW & MOP.

Pihaknya menilai para ibu tampak antusias mengikuti kegiatan bakti sosial tersebut. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat menggugah kesadaran masyarakat tentang kehamilan yang direncanakan.

“Selain itu juga meningkatkan kesadaran pengguna kontrasepsi serta menggiatkan edukasi kesehatan reproduksi,” ucap Masiri.

Kegiatan baksos itu juga dihadiri Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat, dr. Winda beserta tim, sementara pelayanan diberikan tim dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RSIA Rizki Bunda.

“Pelayanan KB MKJP MOW Gratis yang berlangsung satu hari ini ada 17 akseptor MOW yang berasal dari Wilayah Agam Barat,” ujarnya. (Depit)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional