Pokdakan Jaya Bersama Nagari Kampung Tangah Terbentuk

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Jaya Bersama Nagari Kampung Tangah, Kecamatan Lubuk Basung terbentuk, Senin (9/11).

Penyuluh Perikanan wilayah kerja Kecamatan Lubuk Basung, Weli Santi mengatakan, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Agam, mendorong pembentukan Pokdakan di tengah kehidupan masyarakat.

Menurutnya, bertambahnya satu Pokdakan lagi di tiga wilayah kerjanya (Nagari Manggopoh, Kampuang Tangah dan Garagahan), maka jumlah Pokdakan saat ini mencapai 15 kelompok.

“Alhamdulillah, semuanya aktif dan sebagian Pokdakan sudah berhasil dari segi pendapatannya,” ujarnya.

Ia berharap, dengan potensi perikanan yang cukup baik, kehadiran Pokdakan diyakini bisa mendorong semangat tani masyarakat sebagai upaya meningkatkan perekonomian masyarakatnya.

Pasalnya, selama ini ia melihat tidak sedikit usaha masyarakat yang dilaksanakan tanpa membentuk kelompok. Sehingga, tidak akan mendapatkan bantuan dari pemerintah, mulai dari benih, bibit sampai dengan alat budidaya guna mendongkrak hasil perikanan para petani.

Selain mendorong pembentukan Pokdakan, menurut Weli, ia juga mendorong terbentuknya koperasi sebagai sarana untuk mengembangkan usaha.

“Jadi, juga bisa nantinya anggota minjam modal. Sehingga, usahanya terus berkembang,” terangnya. (Finand)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *