Buka JUT di Jorong Sini Aia, Ibu-ibu Ikut Goro

  • Bagikan

Malalak Selatan, AMC – Puluhan masyarakat Jorong Sini Aia, Nagari Malalak Selatan, Kecamatan Malalak, Kabupaten Agam, menggelar gotongroyong untuk membuka Jalan Usaha Tani (JUT) di wilayah itu.

Camat Malalak, Ricky Eka Putra kepada AMC, Selasa (6/10) menyebutkan, gotong royong ini sudah kali dua, yang dilaksanakan setiap hari Selasa dan pengerjaannya dilakukan secara swadaya.

“Hingga kini jalan sudah selesai dibuka sepanjang 600 meter dan lebar 3 meter sesuai yang direncanakan sebelumnya,” ujarnya.

Menurutnya, partisipasi masyarakat dalam pembukaan jalan usaha tani ini cukup tinggi, mulai dari antusias untuk mengikuti gotongroyong hingga pembebasan lahan.

Hal ini membuktikan ada keinginan yang kuat dari masyarakat untuk membuka jalan dalam peningkatan perekonomian terutama di bidang pertanian.

Selama ini masyarakat cukup sulit untuk mengeluarkan hasil pertaniannya, karena belum ada jalan yang dapat ditempuh kendaraan hingga ke lahan pertanian, sehingga mereka terpaksa memikul hasil pertaniannya agar bisa sampai ke pinggir jalan atau lokasi yang bisa dijangkau kendaraan.

“Insyaallah, tahun depan jalan ini dilakukan pengerasan menggunakan dana desa, kita berharap jalan ini betul-betul memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat,” imbuhnya.

Ricky juga mengapresiasi atas partisipasi masyarakat dalam membuka jalan usaha tani itu, karena yang bekerja bukan hanya kaum laki-laki saja, tetapi ibu-ibu ikut turun melakukan gotong royong. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *