Antisipasi Covid-19, Puskesmas Biaro Tiadakan Kegiatan Posyandu

  • Bagikan

Biaro, AMC – Mengantisipasi lonjakan warga yang terpapar Covid-19, Puskesmas Biaro, kecamatan IV Angkek, meniadakan kegiatan posyandu.

Pemantauan pertumbuhan dan perkembangan balita dilakukan dengan cara konsultasi dengan bidan pembina wilayah.

Kepala Puskesmas Biaro, dr. Annisa Sofyana mengatakan kendati kegiatan di posyandu ditiadakan, pelayanan imunisasi terhadap balita tetap berjalan,imunisasi dilakukan langsung di puskesmas.

“Ini merupakan salah satu upaya kita agar tidak terjadi kasus baru Covid-19, namun hak atas pelayanan imunisasi tetap berjalan,” ujarnya saat dihubungi AMC, Jumat (2/10).

Menurutnya, kegiatan berkerumun di posyandu rentan terjadi penyebaran Covid-19.

Pihaknya berharap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) tidak mewabah akibat pandemi Covid-19.

“Artinya kegiatan di posyandu yang ditiadakan, kegiatan imunisasi tetap dilakukan, sehingga semua pelayanan yang harus didapat balita tetap bisa diperoleh dengan aman,” jelasnya.

Untuk penimbangan dan pemantauan tumbuh kembang balita, kata dr. Annisa diminta orang tua menimbang sendiri balita atau saat ke puskesmas, dan mencocokkannya ke KMS balita.

“Lalu jika ada yang tidak normal, orang tua bisa menghubungi bidan pembina wilayah dan kader posyandu,” ucapnya.

Untuk pemantauan lanjutan, pihaknya meminta bidan dan kader posyandu agar mengunjungi ke rumah yang bersangkutan.

Dikatakan, kegiatan posyandu sudah ditiadakan sejak minggu kedua September, seiring meningkatnya kasus warga terpapar Covid-19 di daerah setempat.

“Mulai Oktober ini imunisasi dilakukan di puskesmas pada hari Senin, Rabu dan Sabtu. Pelayanan ini akan dilakukan sampai situasi kembali kondusif,” ujarnya. (Depit)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *