Menu

33 Kasus Hari Ini Tambah Daftar Panjang Kasus Covid-19 di Agam

  Dibaca : 92 kali
33 Kasus Hari Ini Tambah Daftar Panjang Kasus Covid-19 di Agam

Lubuk Basung, AMC – Kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Agam belum menunjukan tanda berakhir. Bahkan, per Selasa (1/9) 33 warga menambah daftar panjang kasus terkonfirmasi positif Covid-19

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Agam, Khasman Zaini menyebut, hingga Senin kemarin (31/8) total terdata sebanyak 116 kasus warga Agam terkonfirmasi Covid-19.

Sampai siang ini, katanya, tercatat lagi penambahan 33 kasus warga terpapar Covid-19 dari 3 kecamatan.

“Kasus positif Covid-19 terbaru mendera 33 warga Agam, dengan rincian 6 kasus dari IV Koto, 14 dari Palembayan dan 13 dari Matur ,” kata Khasman.

Mereka yang menambah daftar panjang kasus warga IV Koto terkonfirmasi ini adalah, MR (P/67) warga Nagari Balingka, AY (P/19), warga Nagari Balingka, RE (P/17) warga Nagari Koto Panjang, EW (P/38), warga Nagari Koto Panjang, HD (L/39) warga Nagari Koto Panjang dan RA (L/24).

“Keenam warga tersebut masuk ke dalam kluster perantau dari Nias yang sebelumnya terkonfirmasi positif. Keenamnya menjalani perawatan di rumah,” sebutnya.

14 warga Palembayan yang terkonfirmasi Covid-19 masing berinisial MRA (P/17), YS (P/50), NRY (P/18) KM (P/44) DPJ (L/18), SL (P/64), ML (L/59) RI (P/34), JN (P/58), RN (P/82), RA (P/29), FA (L/21), KD (L/55) dan WLM (P/34) yang merupakan warga Nagari Ampek Koto Palembayan Kecamatan Palembayan.

“14 warga tersebut masuk ke dalam kluster baralek di Palembayan, dan sekarang perawatan masih di rumah,” sebutnya lagi.

Selain itu, tukas Khasman, kluster Pondok Pesantren Panta juga menambah 13 kasus warga terkonfirmasi positif Covid-19. 13 warga tersebut berasal dari Nagari Panta Pauah Kecamatan Matur.

Adapun 13 warga tersebut masing-masing inisial MK (L/16), AL (L/17), HZ (L/17), AG (L/17), AY (L/17), ARI (L/11), AS (L/12), MSR (L/12), RAB (L/15), DN (L/16), MFR (L/16), MFR (L/14), dan MM (L/12). Kesemuanya perawatan masih di rumah.

Disebutkan, dalam sebulan terakhir penyebaran Covid-19 di Agam meningkat drastis. Bumerang ini dipicu adanya kelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat seiring diberlakukan kebijakan new normal.

Kasus baru yang bermunculan itu didominasi kluster luar daerah, pondok pesantren dan aktivitas resepsi pernikahan yang kemudian berimbas pada terinfeksinya sejumlah warga. Khusus kluster baralek bahkan telah tercatat sebanyak 37 orang terpapar Covid-19 sementara ini semenjak terdeteksi kasus pertama pada 21 Agustus lalu.

“Kasus pertama terdeteksi di Jorong Batang Buo, Nagari Biaro Gadang, Kecamatan Ampek Angkek. Kemudian dilakukan penelusuran kontak pasien oleh GTP2 Agam dan sampai sekarang telah ditemukan 37 kasus dari kluster baralek,” paparnya.

Untuk menekan kembali lonjakan kasus Covid-19 ini, Pemkab Agam telah mengeluarkan instruksi larangan pelaksanaan pesta perkawinan dan hiburan atau panggung terbuka.

Kebijakan itu berlaku sejak 31 Agustus ini sesuai Instruksi Bupati Agam Nomor 3 tahun 2020.

“Larangan ini ditujukan pada seluruh kepala OPD, camat, wali nagari, serta direktur perusahaan se-Kabupaten Agam, agar dapat menghentikan sementara kegiatan pesta perkawinan dan kegiatan hiburan atau panggung terbuka, sampai batas waktu yang ditentukan,” kata Khasman.

Instruksi Bupati Agam itu, beber Khasman, merupakan antisipasi atas kekuatiran pemerintah terhadap perkembangan kasus Covid-19 di Agam.

Kendati resepsi pernikahan dilarang, namun untuk kegiatan akad nikah masih diperbolehkan dengan memperhatikan protokol kesehatan dan maksimal dihadiri 20 orang.

Sedangkan untuk tamu luar daerah yang menghadiri akad nikah harus dilakukan tes swab untuk memutus mata rantai Covid-19. Termasuk berbagai pengawasan lain yang akan lebih diintensifkan di seluruh wilayah kabupaten Agam.

Ditambahkan, berdasarkan data dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, setelah 25 minggu masa status tanggap darurat pandemi Covid-19 diberlakukan, Kabupaten Agam masuk kategori zona orange.

Mengingat terus meningkatnya kasus Covid-19, ia mengingatkan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

“Semoga wabah pandemi covid-19 segera berakhir. Aamiin,” jelasnya. (Depit)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional