Menu

Pengurus Baru Pasar Serikat Lubuk Basung-Garagahan Tata Pasar dan Tertibkan Administrasi

  Dibaca : 170 kali
Pengurus Baru Pasar Serikat Lubuk Basung-Garagahan Tata Pasar dan Tertibkan Administrasi

Lubuk Basung, AMC – Kepengurusan baru Pasar Serikat Lubuk Basung-Garagahan lakukan pembenahan terhadap pengelolaan pasar. Pembenahan dilakukan mulai dari penataan kondisi pasar, pengelolaan, keamanan aktivitas pasar hingga pemberlakuan tertib administrasi bagi pedagang.

“Sebagai pengurus pasar yang baru, kami memiliki kewajiban dan tanggung jawab untuk membenahi pasar serikat ini ke arah yang lebih baik lagi,” ujar Penghulu Pasar Serikat Lubuk Basung-Garagahan, Helmon Dt. Hitam, Selasa (25/8).

Pembenahan pasar dilakukan dalam banyak aspek, seperti penataan lapak pedagang. Dikatakan, untuk mencegah kemacetan, kedepan pedagang tidak diperbolehkan berjualan di jalan-jalan pasar.

“Kami sudah memberi garis-garis bagi pedagang, seperti di jalan pasar, pedagang tidak diperbolehkan menggelar lapak dagangan melebihi garis yang sudah ditentukan pengurus pasar,” katanya.

Di depan kios utama pasar, tukasnya, pedagang juga tidak diperbolehkan membuka lapak dagangan. Pihaknya telah membuat kotak khusus berukuran masing-masing 4 meter yang bisa dipergunakan pedagang.

“Biasanya di depan kios ini, sore hari digunakan pedagang kuliner, kedepan ini tidak diperbolehkan lagi, karena akan dimanfaatkan untuk tempat parkir. Sebagai gantinya, di lokasi yang sama lapak pedagang diatur di sisi arah ke jalan saja yang dipergunakan,” jelasnya.

Pihaknya tidak memungkiri, aktivitas lapak kuliner yang ada di lokasi tersebut keberadaannya sangat penting. Menurutnya, dengan ada pengembangan RSUD Lubuk Basung, dapat membantu keluarga pasien dalam memenuhi kebutuhan makanan.

“Kami juga berharap nantinya lokasi pedagang kuliner ini bisa dibenahi dan ditata rapi, dibuatkan tempat yang permanen, sebab pasar kuliner ini sangat membantu keluarga pasien di RSUD Lubuk Basung,” tuturnya.

Selain tempat parkir, lokasi tersebut juga akan dimanfaatkan pengurus pasar untuk aktivitas kesenian tradisi anak nagari, seperti kesenian randai, tari, tambua yang direncanakan digelar dua kali dalam sebulan.

“Kami pengurus pasar juga mendukung aktivitas kesenian tradisi anak nagari, jadi lokasi ini bisa dimanfaatkan untuk tempat latihan mereka,” sebut Helmon Dt. Hitam.

Pengurus Pasar Serikat Lubuk Basung-Garagahan juga melakukan pembenahan di segi kebersihan, keamanan dan ketertiban pasar. Untuk mewujudkan kondisi aman yang tertib, pengurus pasar mengajak seluruh pedagang untuk dapat saling bekerjasama.

“Kami untuk pengaturan pasar tidak menggunakan aparat, kami mengajak pedagang mari sama-sama menjaga ketertiban dengan meningkatkan raso jo pareso, maksudnya pengurus dan pedagang harus saling menaati peraturan, kami minta kesadarannya” ajaknya.

Terkait pandemi Covid-19 yang masih mengintai, pihaknya menghimbau kepada pedagang dan pembeli untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan cara menggunakan masker saat beraktivitas di pasar.

“Mengingat kasus positif Covid-19 masih terus bertambah, kami mengajak pedagang dan pembeli untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah daerah,” ujarnya lagi.

Sementara itu Sekretaris Pasar Serikat Lubuk Basung-Garagahan, Martarisman Dt. Panglimo Basa mengatakan untuk mencegah terjadinya kekeliruan tentang administrasi pasar, pihaknya mengimbau pedagang untuk membayar hanya melalui Bendahara pasar serikat.

“Pembayaran iuran hanya satu pintu, hanya kepada bendahara, jangan diserahkan ke pengurus yang lain, ini untuk mencegah kekeliruan,” tuturnya.

Dikatakan, para pedagang dapat membayar iuran pasar setiap minggu pertama di awal bulan. Pihaknya akan mengaktifkan pengeras suara mengingatkan kewajiban pedagang di pasar tersebut.

“Yang paling penting lagi perlu kami sampaikan, kami menghimbau pedagang tidak menyewakan kios atau lapak kepada pihak kedua, jika didapati maka akan ada sanksi yang akan diterima,” tegasnya. (Depit)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional