Menu

Hari Bhakti Adhyaksa, Kajari Agam Turut Hijaukan Lubuk Basung

  Dibaca : 109 kali
Hari Bhakti Adhyaksa, Kajari Agam Turut Hijaukan Lubuk Basung

Lubuk Basung, AMC – Menanam pohon merupakan bentuk tanggung jawab manusia dalam menjaga dan merawat bumi. Selain menjadi wujud gotong- royong penghijauan, gerakan menanam pohon juga menjadi salah satu cara menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap arti penting dan manfaat pohon.

Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri Agam, Rio Rizal,SH,MH, didampingi Camat Lubuk Basung, Harmezi disela peringatan Hari Bhakti Adhyaksa ke 60 dan peringatan HUT perpindahan ibukota Kabupaten Agam ke 27, Senin (20/7) di Simpang Ampek Tangah.

Menurut Rio Rizal, menanam pohon merupakan bentuk tanggung jawab manusia dalam menjaga dan merawat bumi. Untuk itu, pihaknya mengajak masyarakat bisa memberdayakan lahan yang dimiliki agar menjadi lahan hijau produktif, seperti di sepanjang ruas jalan.

“Bumi dan seisinya ini tentu harus kita yang menjaga dan merawatnya, salah satunya adalah dengan cara menanam pohon,” tutur Rio Rizal ditemui usai penanaman pohon.

Rio Rizal sangat mendukung gagasan Camat Lubuk Basung dengan program Lubuk Basung Hijau. Selain menjadi wujud di gotong- royong, gerakan tanam pohon ini juga menjadi salah satu cara menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menanam pohon.

“Saya setuju sekali, ini adalah cara kreatif dan juga bernilai ekonomi nantinya, yang membuat masyarakat mencintai pohon, mencintai alam dan lingkungan sekitarnya,” ujar Rio Rizal.

Apa yang dilakukan pada hari ini, sambungnya, yang juga melibatkan mahasiswa KKN dari 4 Universitas, kemudian juga mengajak sejumlah pemuda adalah hal luar biasa. Pihaknya berharap, pohon yang ditanam dapat dijaga hingga bisa dinikmati hasilnya kelak.

“Pohon-pohon ini semoga dirawat dan jika sudah besar nanti bisa memberikan nilai ekonomis kepada masyarakat,” katanya .

Sementara itu, Camat Lubuk Basung, Harmezi melaporkan jenis pohon yang ditanam mayoritas adalah pohon mahoni dan pohon sirsak.

“Hari ini kita tanam kurang lebih 200 pohon, untuk selanjutnya mungkin akan lebih banyak lagi, nanti akan ditanam di sepanjang jalan kawasan Lubuk Basung,” ungkapnya.

Dijelaskan, selain untuk penghijauan, penanaman pohon buah tersebut juga dilakukan secara tematik, sehingga saat pohon tumbuh akan dapat menjadi sumber ekonomi tambahan bagi warga sekitarnya.

“Jadi maksudnya, selain daerah jadi lebih asri, suatu saat buah-buahnya bisa membantu ekonomi,” jelas Harmezi berharap.

Dikatakan, kegiatan penaman pohon dilakukan atas kerjasama pemerintahan kecamatan dengan sejumlah unsur, seperti kantor berita Kaba12, AMCnews, D’plano Art dan Gabungan Mahasiswa KKN se Lubuk Basung. (Depit)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional