Sekda Agam Harap Jembatan Darurat Sitalang Selesai Jelang Idul Adha 1441 H

  • Bagikan

Ampek Nagari, AMC – Pemerintah Kabupaten Agam membangun jembatan darurat Sitalang, Nagari Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari, yang putus akibat luapan air Batang Bawan beberapa waktu lalu.

Kabid KL BPBD Agam, Syafrizal menyebutkan, putusnya jembatan itu mengakibatkan akses masyarakat dari Nagari Sitalang menuju Kecamatan Palembayan terganggu, karena ini merupakan jalur jalan utama di wilayah itu.

“Luapan air Batang Bawan terjadi pada 12 Maret 2020 lalu, berdampak kepada rumah warga, masjid, sekolah dan fasilitas lainnya,” ujar Syafrizal, Selasa (14/7).

Sebelumnya, juga telah dibangun jembatan darurat untuk sarana transportasi darurat warga, namun jembatan itu kembali putus diterjang banjir.

Pemkab Agam melalui BPBD berupaya membangun jembatan darurat dari rangka baja, yang sudah dimulai sejak 10 Juli 2020 yang ditargetkan selesai Oktober 2020.

“Jembatan dibangun dengan panjang sekitar 25 meter dan lebar 4 meter,” ulasnya.

Pembangunan jembatan ini ditinjau Sekdakab Agam, Martias Wanto didampingi Kalaksa BPBD Agam, Mhd. Lutfi beserta sekretaris dan kabid, Camat Ampek Nagari, Roza Syafdefianti, Wali Nagari Sitalang dan lainnya.

“Kita berharap jembatan darurat bisa selesai dan dilewati warga menjelang Idul Adha 1441 hijriyah,” ujarnya.

Selain itu, katanya juga dilakukan normalisasi Batang Bawan, supaya air dapat mengalir dengan normal, dan tidak lagi memicu banjir di wilayah itu. (t_m)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *