Menu

100 Batang Pohon Aren Ditanam di Sepanjang Aliran Sungai Kubu Anau

  Dibaca : 82 kali
100 Batang Pohon Aren Ditanam di Sepanjang Aliran Sungai Kubu Anau

Manggopoh, AMC – Sebanyak 100 batang pohon aren ditanam di sepanjang aliran sungai Jorong Kubu Anau, Nagari Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung.

Wali Jorong Kubu Anau Alimardian, kepada AMC, Senin (6/7) kemaren mengatakan, 100 batang pohon aren itu ditanam untuk penghijauan, karena daerah aliran sungai sangat minim pepohonan.

” Penanaman pohon aren itu merupakan instruksi Wali Nagari Manggopoh dan dalam minggu ini wali nagari bersama camat akan melakukan penanaman,” ujarnya.

Penanaman pohon aren bantuan dari pemerintah nagari ini, tambah Alimardian, sebagai salah satu bentuk antisipasi untuk menjaga tepian sungai agar tidak tergerus aliran air.

“Saat hujan deras debit air meningkat bahkan menyebabkan aliran sungai berpindah yang banyak merusak lahan pertanian masyarakat yang berada dekat aliran sungai,” ulasnya.

Keberadaan pohon aren menurutnya, dapat menyimpan cadangan air sekaligus menghambat arus deras aliran sungai sehingga tidak merugikan petani.

“Disamping aman bagi lingkungan juga bernilai ekonomis bagi masyarakat karena buahnya juga bermanfaat,” jelas Alim. (Finand)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional