Menu

Selama Pengabdian di Kamang Magek, Mahasiswa Unri Jadi Relawan Covid-19

  Dibaca : 210 kali
Selama Pengabdian di Kamang Magek, Mahasiswa Unri Jadi Relawan Covid-19

Kamang Magek, AMC — Mahasiswa Universitas Riau (Unri) Pekanbaru, telah selesai melaksanakan pengabdian di Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam. Kegiatan yang dilaksanakan 15 Juni sampai 3 Juli 2020 ini, diikuti 10 mahasiswa dari berbagai jurusan.

Selama mengabdi, mahasiswa bergabung menjadi relawan bersama Satuan Tugas Covid-19 kecamatan, guna mencegah penyebaran virus corona yang sedang mewabah.

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh tim diantaranya, pengecekan suhu tubuh calon pasien di Puskesmas Magek, penyemprotan disinfektan di pasar dan masjid, pembuatan face shield, pembagian masker dan hand sanitizer kepada masyarakat.

Tak hanya itu, tim pengabdian juga memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai tatanan new normal baik di pasar maupun di jalan menggunakan pengeras suara.

Kegiatan ini didukung penuh oleh pemerintahan setempat baik pemerintahan kecamatan maupun nagari. Bahkan Camat Kamang Magek, Rio Eka Putra sangat bersyukur wilayahnya dipercaya sebagai tempat pengabdian mahasiswa

”Terimakasih atas program kerja yang telah mendukung pemerintah dalam pencegahan Covid-19. Meski kondisi berbeda dari tahun sebelumnya, tapi diharapkan tidak mengurangi makna dari pengabdian itu sendiri,” ujar Rio Eka Putra via ponsel, Minggu (5/7)

Selain itu, Mahasiswa kata Rio juga bergabung dengan Puskesmas Magek dalam memberikan sosialisasi mengenai kesehatan di Polindes seperti kelas ibu dan balita. Sekaligus diberikan edukasi mengenai langkah dalam mendampingi pertumbuhan dan perkembangan balitanya agar berjalan baik.

“Tim bersama bidan Puskesmas juga turun langsung mendatangi langsung ibu dan balita, yang tidak bisa menghadiri kelas jika sedang dalam kondisi kurang sehat,” katanya.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi selama pandemi berlangsung. Pertumbuhan serta perkembangan sang balita diukur dan dicatat di rumahnya. Kemudian bidan memberikan edukasi kesehatan kepada ibu dan balita tersebut.

“Kami dari Puskesmas Magek mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa Unri yang telah membantu sebagai relawan di sini. Ilmu lapangan seperti ini tak kalah penting dibanding ilmu dalam kelas. Kita berharap tidak hanya sekarang saja bisa bekerja sama, seperti ini, ulas Kepala Puskesmas Magek, Afnaldi. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional