Menu

Pemotongan Ternak Jelang Idul Fitri Tahun Ini Diprediksi Menurun

  Dibaca : 76 kali
Pemotongan Ternak Jelang Idul Fitri Tahun Ini Diprediksi Menurun

Lubuk Basung, AMC – Dinas Pertanian Kabupaten Agam, memprediksi ternak yang akan di potong menjelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah, sedikit mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya.

Kasi Kesmavet Dinas Pertanian Kabupaten Agam, Iswan Hendri via ponsel, Senin (18/5) menyebutkan, sesuai data sementara, ternak yang akan di potong jelang Idul Fitri tahun ini 661 ekor, dari 8 kecamatan yang melakukan pemotongan.

“Jumlah ini menurun dibanding tahun sebelumnya yang berjumlah 667 ekor,” sebutnya.

Menurut Iswan, jumlah itu bisa saja mengalami peningkatan, karena ini baru hasil pemeriksaan sementara dari petugas di lapangan. Ternak yang akan dipotong adalah sapi dan kerbau.

Dijelaskan, dari 8 kecamatan yang melakukan pemotongan, 1 kecamatan mengalami penurunan yaitu Kecamatan Lubuk Basung. Tahun lalu Kecamatan Lubuk Basung memotong ternak 309 ekor, tahun ini diprediksi menurun jadi 300 ekor.

“Meski jumlah ternak yang dipotong berkurang, tetapi tidak mempengaruhi kepada bobot daging yang dihasilkan,” sebut Iswan.

Artinya, jika sebelumnya masyarakat memotong 3 ekor sapi, sekarang di potong 2 ekor sapi dengan bobot lebih besar seperti, sapi simental dan sapi impor brahman cross. Sedangkan untuk bobot daging yang dihasilkan masih sama.

Sementara itu, kecamatan yang jumlahnya meningkat seperti Kecamatan Matur, dari 12 ekor menjadi 14 ekor. Kecamatan Malalak dari 10 ekor, menjadi 11 ekor.

Kemudian kecamatan yang jumlahnya masih sama dengan tahun sebelumnya yaitu, Kecamatan Tanjung Mutiara sebanyak 101 ekor, Kecamatan Tanjung Raya 33 ekor, Ampek Nagari 94 ekor, Kecamatan Palembayan 97 ekor dan Kecamatan Palupuah 11 ekor. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional