Bupati Agam: Ninik Mamak Lebih Aktif Jaga dan Lindungi Anak Kemenakan

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Bupati Agam Dr. H. Indra Catri Dt. Malako Nan Putiah, minta kalangan ninik mamak untuk lebih pro-aktif dalam mengayomi, melindungi, dan mendampingi anak kemenakan masing-masing dalam menghadapi kondisi sulit seperti saat ini.

“Peran dan dukungan kalangan ninik mamak sangat penting, terutama dalam konsisi percepatan penanganan virus corona saat ini, terutama dalam mengingat anak-kemenakan untuk mentaati berbagai himbauan pemerintah, program sosial-physical distancing, kurangi aktivitas diluar rumah, selalu jaga kondisi tubuh, jaga kebersihan serta berbagai seruan lain, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona yang hingga kini belum didapatkan obatnya itu,” Ujar Indra Catri.

Harapan itu disampaikan bupati Agam Indra Catri, terkait dengan berbagai langkah yang kini tengah dilakukan Pemkab Agam, untuk memaksimalkan usaha memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Ditegaskan, saat ini Pemkab.Agam bergerak ekstra cepat, bahkan harus melakukan langkah-langkah taktis dan super extra ordinary, dalam menerapkan berbagai kebijakan dan instruksi, mengingat pola penyebaran virus corona yang sangat sulit dideteksi, dan cara penyebarannya justru melalui personal, harus dilakukan berbagai langkah penting dan stategis sesuai anjuran kementerian kesehatan dan WHO.

Untuk memaksimalkan langkah antisipasi itu, tegas Indra Catri, perlu peran dan dukungan semua pihak, terutama kalangan ninik mamak, dalam mengawasi, mendampingi serta melindungi anak kemenakan, bahkan masyarakat dari serbuan virus mematikan itu.

“ intinya, masyarakat dituntut untuk bisa disiplin, menjaga jarak, berdiam diri di rumah, dengan disiplin seluruh masyarakat, kita yakin kondisi ini akan segera berlalu, “ tegas Indra Catri.

Bahkan Indra Catri menyebutkan beberapa negara yang warganya tidak disiplin seperti Italia, Amerika, dan beberapa negara lain, yang justru berdampak luar biasas, ratusan orang setiap hari meninggal akibat virus corona.

“ Kita tidak menginginkan hal seperti itu terjadi di daerah kita, disiplin dan dukungan masyarakat adalah kunci utama,“ tegasnya.

Bahkan Indra Catri menyerukan jangan sampai terjadi hendaknya apa dikhawatirkan oleh nenek moyang kita, “niniak mamak basilengah, anak kamanakan basiarak jo baserak, lain padang lain bilalang, lain nagari lain penanganannya,” ulasnya.

Disisi lain, Bupati Agam menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Agam sebagai bagian dari Pemerintah Propinsi Sumatera Barat dan NKRI, akan terus berupaya agar seluruh masyarakat di Kabupaten Agam terbantu dalam menghadapi pandemic Covid-19, dibuktikan sampai saat ini terus dilaksanakan penyaluran sembako hampir di seluruh nagari, melibatkan banyak pihak dan relawan. (Harmen)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *