Menu

Datuak Majo Basa Suku Jambak di Bancah Taleh Dilewakan

  Dibaca : 977 kali
Datuak Majo Basa Suku Jambak di Bancah Taleh Dilewakan

Lubuk Basung, AMC – Bupati Agam yang diwakili Asisten III Setda Agam, H. Junaidi DT Gampo Alam Nan Hitam, menghadiri alek batagak gadang malewakan gala sako kaum Jambak DT Majo Basa, di Bancah Taleh, Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Minggu (15/3).

Alek batagak gadang ini dalam rangka malewakan gala sako kaum Jambak yang dipercayakan kepada Rodi Arianto. Turut hadir dalam acara itu, Camat Lubuk Basung Harmezi.

Pergantian pemangku adat kaum Dt. Majo Basa ini, dikarenakan pemangku sebelumnya, Kasmir Dt. Majo Basa sudah menyatakan kok patang mintak bamalam, panek mintak baranti sehubungan dengan kesehatannya yang sudah tidak memungkinkan.

“Selamat kepada kaum Jambak Dt. Majo Basa Bancah Taleh, yang tengah melaksanakan alek batagak gadang, dalam malewakan gala sako,” ujarnya.

Ia berharap pemangku adat yang baru dilewakan, amanah. Ka pai tampaik batanyo, ka pulang tampaik babarito bagi dunsanak kemenakan.

Prosesi malewakan gala sako tersebut, ditandai dengan pemasangan saluak oleh pusako tuo, serta pemasangan keris yang dilakukan salah seorang Rajo Tigo Selo Nagari Garagahan, Angku Datuak Mudo.

Dalam acara itu, juga ditampilkan kesenian tradisional seperti tambua tansa dan tari galombang dan lainnya. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional