Menu

Kemenag Sumbar: MTQ Jangan Hanya Kegiatan Seremoni Tahunan

  Dibaca : 123 kali
Kemenag Sumbar: MTQ Jangan Hanya Kegiatan Seremoni Tahunan

Palembayan, AMC – Kakanwil Kementerian Agama Sumatera Barat melalui Kabid Penais Zawa, Maswar mengharapkan pelaksanaan MTQN ke-39 Agam, dapat meningkatkan pengamalan nilai Al-Qur’an di tengah masyarakat Palembayan selaku tuan rumah, yang akan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita tidak ingin MTQ menjadi kegiatan seremonial tahunan, yang tidak memberikan dampak positif kepada peserta dan masyarakat,” ujar Maswar saat menghadiri pembukaan MTQN ke-39 Agam, di Palembayan, Sabtu (7/3).

Untuk itu, prestasi mestinya tidak menjadi tujuan utama pada kegiatan akbar keagamaan ini. Tetapi bagaimana nilai Al-Qur’an dapat menjadi pedoman dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kepada kafilah Maswar berpesan, agar selalu membangun integritas diri, serta menjunjung tinggi kejujuran. Ia meminta jangan karena ingin mengikuti MTQ, rela menukar domisili, tanggal lahir dan data lainnya.

“Mengantisipasi hal ini kita sudah melakukan antisipasi dengan memanfaatkan IT melalui aplikasi e-MTQ untuk mengatasi kecurangan-kecurangan,” terang Maswar.

Lebih lanjut Maswar menjelaskan, pemenang MTQ ke-39 ini akan diteruskan untuk mengikuti MTQ tingkat provinsi pada 2021 di Kota Padang Panjang. Namun sebelumnya, Sumbar juga bertindak selaku tuan rumah pada MTQ tingkat nasional pada 20-29 Agustus 2020 mendatang.

“Kita yakini sebagian besar qori dan qoriahnya ada yang berasal dari Kabupaten Agam,” tukasnya.

Menghadang MTQ Nasional ini, untuk tahap pertama pada 2020 sudah dilaksanakan pelatihan dan ia mengharapkan dukungan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Agam untuk menyukseskan event tersebut. (t_m)

REKOMENDASI UNTUK ANDA

KOMENTAR

Belum Ada Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Post Kategori

Arsip

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional