Kepala Disparpora: USR Bangkitkan Pariwisata dan Perekonomian Masyarakat

  • Bagikan

Lubuk Basung, AMC – Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Agam, Syatria sangat mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat atau University Social Responsibility (USR) yang dilaksanakan oleh Universitas Baiturrahmah, di Nagari Sungai Batang, Kecamatan Tanjung Raya.

Hal ini disampaikan kepada tim AMC saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor Disparpora Agam, Jumat (21/2).

“Dengan jumlah mahasiswa 765 orang yang mengikuti kegiatan tersebut, akan sangat banyak memberikan dampak terhadap masyarakat Nagari Sungai Batang, baik dari segi ekonomi, kesehatan, maupun sosial,” uarnya.

Disisi lain, ini juga sebagai upaya marketing di sektor pariwisata. Sebab, 765 orang yang tinggal di rumah masyarakat, akan membuat masyarakat mulai terbiasa dengan wisatawan yang datang.

“Jika ada nanti wisatawan yang datang, ada rumah yang disewakan, ada makan minum yang disediakan, akan berdampak pula pada perekonomian masyarakat,” ujarnya lagi.

Kepala Disparpora menambahkan, para pegiat pariwisata di Kabupaten Agam, selain selalu mempromosikan objek wisata yang ada, juga harus bisa mengemasya dalam bentuk paket wisata.

“Paket wisata yang menarik juga akan menarik wisatawan untuk berkunjung” ujar Satria.

Sementara itu, Rektor Universitas Baiturrahmah Musliar Kasim saat dijumpai tim AMC mengatakan kegiatan USR ini dilaksanakan di Maninjau, khususnya Nagari Sungai Batang, 20-23 Februari 2020.

Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Baiturrahmah agar bisa mengenal sosok yang fenomenal di Sumbar, maupun di Indonesia, bahkan telah mendunia, yaitu Buya H. Abdul Malik Karim yang dikenal dengan Buya Hamka.

“Pada program USR ini, salah satu kegiatanya adalah melaksanakan goro bersama di Museum Kelahiran Buya Hamka,” terangnya.

Musliar Kasim menambahkan, selain melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, para mahasiswa juga bisa menikmati indahnya pemandangan Danau Maninjau.(HR)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *