Agam Tuan Rumah Paripurna MKKS SMP se-Sumbar

  • Bagikan

AMCnews.co.id — Kabupaten Agam menjadi tuan rumah rapat paripurna Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Provinsi Sumatera Barat, Sabtu dan Minggu (14-15/12).

Rapat paripurna MKKS ini merupakan program pengurus MKKS Sumatera Barat yang dilaksanakan dua bulan sekali. Tujuannya adalah untuk berbagi informasi antara sesama Kepala SMP sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

Kegiatan yang diikuti 350 kepala SMP se-Sumbar ini, dibuka Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria Dt Tumangguang Putiah, di Hotel Pusako, Sabtu (14/12) malam.

Trinda Farhan Satria menyebutkan, kepala sekolah adalah guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah sebagai tempat proses belajar mengajar. Meski begitu, kepala sekolah orang paling bertanggungjawab terhadap administrasi pendidikan yang inovatif di sekolah.

“Banyak pandangan yang mengkaji tentang peranan kepala sekolah diantaranya, berkaitan dengan hubungan personal yang mencakup kepala sekolah sebagai figure head, leader dan liaison,” ujarnya.

Di samping itu, dikatakan Trinda kepala sekolah yang berpengalaman dalam menjalankan tugas pokoknya, juga semakin mudah memberikan kecepatan, kemudahan, ketepatan dan keterpaduan dalam memberikan pelayanan kerja. Karena kepala sekolah adalah guru yang mempunyai kemampuan untuk memimpin segala sumber daya yang ada di sekolah.

“Kepemimpinan ideal adalah kepemimpinan yang mengikuti tuntutan revolusi industri 4.0. Pemimpin yang mengikuti perkembangan teknologi harus memiliki keterampilan dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakkan orang lain,” tuturnya.

Trinda menuturkan, kegiatan MKKS ini momennya sangat tepat dengan hastag Ayo ke Agam. Karena banyak yang dapat dinikmati pengunjung selama berada di daerah bertuah itu seperti wisata, kuliner dan lainnya. (AMC05)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *